Find Us On Social Media :

Pernah Bikin Seisi Bumi Prihatin Gegara Kasus Covid-19 Menggila di India, Negeri Bollywod Itu Kini Malah Bikin Dunia Tercengang Karena Berhasil Ciptakan Vaksin dengan Kemampuan Seampuh Ini

By Afif Khoirul M, Sabtu, 13 November 2021 | 15:06 WIB

Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

Intisari-online.com - Tentu saja kita tidak lupa bagaimana India mengalami kondisi yang disebut sebgai tsunami Covid-19.

Kondisi yang berhasil membuat seluruh dunia kembali kolaps alami gelombang kedua Covid-19 akibat varian baru delta.

Namun, kini India telah mulai pulih, bahkan negara tersebut malah menciptakan vaksin Covid-19 buatannya sendiri.

Melansir Jurnal The Lancet, Jumat (12/11/21), vaksin Covaxin dari Bharat Biotech International (India) efektif 77,8% dalam mencegah gejala Covid-19 , lapor The Straits Time.

Baca Juga: Jangan Meleng Melawan Covid-19, Epidemiolog Sebut China Lockdown Lebih Parah dari Sebelumnya, Belum Lagi Eropa

Vaksin Covaxin secara tradisional diproduksi menggunakan teknologi virus yang tidak aktif.

Menurut The Lancet, vaksin ini "menghasilkan respons antibodi yang kuat" dua minggu setelah dua dosis diberikan.

Menurut The Lancet, tidak ada kematian atau efek samping serius yang terkait dengan vaksin ini dalam uji coba acak terhadap 24.419 orang berusia 18 hingga 97 tahun antara November 2020 dan Mei-Mei 2021 di India.

Jurnal tersebut menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk menentukan keamanan dan efektivitas vaksin jangka panjang.

Baca Juga: Banyak Negara Termasuk Indonesia Mulai Bebas Covid-19, Ternyata Salah Satu Negara Pertama yang Temukan Vaksin Covid-19 Ini Malah Diterjang 40.000 Kasus Sehari, Menkes: Bikin Malu Saja!