Find Us On Social Media :

Tak Hanya Soal Mumifikasi, Ternyata Beginilah Bagaimana Ritual Kecantikan Mesir Kuno Pengaruhi Dunia Modern

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 10 November 2021 | 13:50 WIB

Beginilah Bagaimana Ritual Kecantikan Mesir Kuno Pengaruhi Dunia Modern

 

Intisari-Online.com – Apa yang seorang wanita lakukan ketika akan pergi ke sebuah undangan atau pesta?

Tak bisa dipungkiri, seorang wanita pasti akan mempersiapkannya dengan baik, mulai gaun yang akan dipakai,  hingga sepatu dan tas sebagai pelengkapnya.

Yang paling lama sebagai persiapan terakhir, dan ini mungkin yang membuat sang suami sebal menunggu, adalah menggunakan riasan atau make-up.

Penggunaan riasan dan kosmetik , Anda pikir ini hanyalah tren modern, nyatanya ini bisa ditelusuri kembali ke zaman Mesir Kuno.

Baca Juga: Ditemukan Bersama Dua Belas Guci Keramik yang Masih Utuh, Inilah Makam Bendahara Tutankhamun, Tokoh Penting di Mesir, Rupanya Penjarah Tidak Ambil Isinya Karena Hanya Berisi Barang-barang Ini

Bangsawan Mesir, aristokrasi, bahkan kelas menengah, menganggap kecantikan sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Maka, orang Mesir Kuno tidak hanya menggunakan riasan sebagai bagian dari mempercantik penampilan fisik mereka saja, tetapi kosmetik dan wangi-wangian digunakan dalam ritual dan memiliki makna simbolis.

Ilmu di balik kosmetik dan parfum sangat maju bagi orang Mesir, sehingga kata Kimia’ (berasal ‘alkimia’) berakar pada Kemet, nama kuno Mesir dalam bahasa Mesir.

Orang Mesir Kuno menganggap kecantikan sebagai tanda kesucian dan juga merias wajah Dewa Mesir, juga estetika pribadi di pemakaman.

Baca Juga: Ada Lembah Para Raja, Ada Pula Lembah Para Ratu, Pekuburan di Mesir Kuno Tempat Para Ratu dan Pangeran dari Dinasti ke-19 dan ke-20 Dimakamkan, Ini yang Ada di Kompleks Pemakaman Itu!