Find Us On Social Media :

Tabir Gelap Sejarah Mesir Kuno Akhirnya Tersibak Sudah untuk Selamanya, Inilah Batu Rosetta, Prasasti Pembongkar Rahasia Firaun dan Piramida

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 6 November 2021 | 18:55 WIB

Batu Rosetta

Intisari-Online.com - Batu Rosetta adalah sebuah lempengan batu granit yang menampilkan surat perintah.

Surat itu dikeluarkan pada 196 SM oleh sekelompok pendeta dan penguasa Mesir, Ptolemy V yang membuktikan kemurahan hati dan kesalehan nya.

Dekrit itu ditulis dalam tiga bentuk: hieroglif, yang digunakan terutama oleh para imam; Demotik, naskah yang lebih sederhana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari; dan Yunani kuno.

Penggunaan hieroglif mulai padam setelah abad ke-4 dan sistem penulisan yang baru menjadi teka-teki bagi para sarjana.

Baca Juga: Dipandang Sebagai Raja Agung Mesir Kuno, Terkuak Alasan Firaun Ketakutan Setengah Mati Pada Bangsa Israel, Hingga Perintahkan Untuk Perbudak Orang Yahudi

Hal tersebut menjadikan batu sebagai alat penting dalam membantu para peneliti memahami bahasa yang telah lama terlupakan.

Penemuan Batu Rosetta

Baru pada abad ke-19, yakni dua ribu tahun setelah penciptaannya, Batu Rosetta membantu para sarjana memecahkan kode hieroglif.

Insinyur tentara Prancis yang merupakan bagian dari kampanye Mesir Napoleon Bonaparte menemukan lempengan batu itu pada tahun 1799 saat melakukan perbaikan pada sebuah benteng di dekat kota Rashid (Rosetta).

Baca Juga: Dulunya Jadi Pusat Pembelajaran Tertua di Mesir, Daerah Kumuh Ini 'Sembunyikan' Patung Raksasa Firaun Termahsyur Mesir Kuno Ramses II