Find Us On Social Media :

Pantesan Tetap Terperangkap dalam Status Negara Termiskin Meski Punya Cadangan Minyak, Ternyata Uang Timor Leste Selalu Habis Gara-gara Proyek-proyek 'Hantu' Ini

By Mentari DP, Senin, 1 November 2021 | 12:30 WIB

Timor Leste.

Intisari-Online.com - Timor Leste dikenal sebagai salah satu negara miskin di dunia.

Status Timor Leste sebagai salah satu negara miskin di dunia didapat tidak lama setelah mereka memutuskan berpisah dengan Indonesia.

Kehidupan di sana pun begitu menyedihkan.

Baca Juga: Pantas Timor Leste Ngotot Ingin Gabung Meski Terus Ditolak, Ternyata Ini Manfaat Jadi Anggota ASEAN, Buat 'Nambal' Tambang Minyaknya yang Mengering

Misal di provinsi Oecusse Timor Leste, sekelompok anak-anak mencuci di sungai di bawah jembatan jutaan dolar, belum dibuka.

Di jalan yang baru diaspal menuju proyek irigasi senilai 9 juta Dollar AS lebih, seorang gadis muda mengangkut seember air dari sumur.

Di seberang jalan dari lokasi pembangunan hotel bintang tiga, sebuah keluarga muda tinggal di sebuah gubuk kecil tempat mereka mengoperasikan toko.

Mereka termasuk di antara 70.000 orang yang tinggal di komunitas Timor Leste ini, daerah pesisir terpencil yang dikelilingi oleh Timor Barat, Indonesia, tempat orang Portugis mendarat lebih dari 500 tahun yang lalu.

Sejak berpisah dengan Indonesia, pemerintah Timor Leste melakukan beberapa proyek infrastruktur Timor Leste dengan skala yang menakjubkan.

Diharapkan proyek itu akan membawa keberlanjutan ekonomi sebelum cadangan minyak dan gasnya mengering.

Masalah tujuan itu akan susah dicapai.

Baca Juga: Bukannya Untung Malah Buntung, Proyek Rp255 Triliun Dipastikan Jadi Ampas Setelah China Menolaknya, Impian Timor Leste Ini Dipastikan Kandas Cuma Gara-gara Faktor Ini