Find Us On Social Media :

60 Tahun Senjata Paling Kuat Tsar Bomba Diledakkan, Ini 'Perlombaan' Bom-bom Penghancur yang Diciptakan Amerika, Rusia hingga India

By Tatik Ariyani, Minggu, 31 Oktober 2021 | 10:28 WIB

Tsar Bomba

Intisari-Online.com - India berhasil menguji coba rudal balistik antarbenua Agni-5 permukaan-ke-permukaan yang dapat menyerang target hingga 5.000 kilometer jauhnya dan dapat menyerang jauh ke dalam China.

Segera setelah uji coba rudal Agni-5, India melakukan uji senjata Smart Anti-Airfield Weapon (SAAW).

Senjata pintar ini memiliki jangkauan 100 kilometer dan dapat menyerang aset lapangan terbang lawan darat seperti radar, bunker, jalur taksi, dan landasan pacu.

Tak berhenti sampai di situ, India juga melakukan uji bom induk bangsa sendiri untuk pertama kalinya, melansir The EurAsian Times, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga: Langsung Bikin Seluruh Negara Eropa Jantungan, Rusia Tertangkap Pasang Bom di Lokasi yang Tak Terduga Ini, Bisa Bebas Dijatuhkan di Mana Saja dan Kapan Saja

Bom Jarak Jauh (LRB) ini berhasil diuji terbang oleh tim Angkatan Udara India (IAF) dan Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) dari jet tempur Sukhoi-30, tepat 60 tahun setelah Rusia menguji bom paling kuat di dunia -Tsar Bomba- pada 30 Oktober 1961.

Bom itu mengenai sasaran di dalam laut menggunakan panduan laser sekitar pukul 11 ​​pagi waktu India, berhasil menyelesaikan semua tujuan misi.

Bom LR dirancang dan dikembangkan oleh Pusat Penelitian Imarat (RCI) DRDO dan dapat membawa 1000 kilogram hulu ledak.

Menteri Pertahanan India memuji semua tim yang terlibat dalam penerbangan uji coba termasuk IAF dan DRDO.

Baca Juga: Untuk Pulihkan Kapal Selam Soviet yang Tenggelam pada Masa Perang Dingin, CIA Sampai Harus Turun Tangan dengan Buat Cakar Raksasa Seperti Ini, Ada Misi Apa di Baliknya?