Find Us On Social Media :

Memperingati 100 Tahun Penemuan Makam Firaun Tutankhamun, Dibuka Pameran Permata pada Masa Mesir Kuno, Salah Satunya Perhiasan dari Kumbang Scarab yang Sangat Dipuja

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:05 WIB

Perhiasan pada Mesir Kuno dengan hiasan kumbang scarab.

Intisari-Online.com – Museum Seni Worcester, Massachusetts, memiliki banyak mahakarya, di antaranya koleksi perhiasan dan artefak Mesir kuno yang sebagian besar belum pernah dipamerkan selama hampir satu abad.

Tidak hanya karena luas dan kualitas dari bahannya yang luar biasa, tetapi juga karena sejarahnya.

Koleksinya sebagian besar diberikan ke museum oleh Laura Norcross Marrs (1845–1926), putri walikota Boston Otis Norcross dan istri fotografer amatir Kingsmill Marrs (wafat 1912).

Laura Marrs memiliki mata yang tajam, tidak hanya untuk perhiasan, tetapi juga untuk hal-hal kecil yang berharga, dan memperoleh beberapa bagian yang sangat menarik.

Baca Juga: Ilmuwan Makin Dibuat Tercengang, Bukan Karena Penemuan Mumi Firaun, Tetapi Mumi Abadi Ini Konon Jasadnya Berusia Ribuan Kali Lebih Tua dari Mumi Manapun Bisa Gemparkan Sejarah Mesir!

Beberapa di antaranya termasuk kepala seorang Nubia yang diukir indah dari akik, serta pengatur jarak gelang Ratu Tiye.

Sebagian besar koleksi Marrs terdiri dari perhiasan dan jimat mulai dari zaman Kerajaan Tengah hingga periode Yunani-Romawi, termasuk kalung, gelang kaki, syal, dan jimat.

Marrs juga tertarik pada penggalian arkeologi yang terjadi di Mesir.

Perpustakaan Marrs di Massachusetts Historical Society terdiri dari hampir seribu judul, dan termasuk surat-surat yang diterima dari Howard Carter.

Baca Juga: Tahukah Anda, Orang Mesir Kuno Cukur Alis Sebagai Ritual Ratapi Kematian Hewan Kesayangan Mereka? Inilah 10 Fakta Aneh tentang Mesir Kuno, termasuk ‘Ritual Aneh’ Firaun untuk Suburkan Sungai Nil