Find Us On Social Media :

Meski ‘Ringan Seperti Bulu’ Kereta Perang Ini Jadi ‘Tank’ Andalan Para Firaun untuk Hancurkan Musuh pada Masa Mesir Kuno

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:15 WIB

Kereta perang Mesir Kuno, 'seringan bulu' tapi jadi 'tank' andalan Firaun.

Intisari-Online.com – Cepat, ringan, dan mematikan, inilah gambaran ‘senjata’ yang digunakan pada masa Mesir Kuno.

Salah satu bagian dari senjata yang digunakan pada masa Mesir Kuno adalah kereta perang.

Maka, peradaban yang berbasis di tepi Sungai Nil menyempurnakan kereta perang untuk mengubahnya menjadi platform tembak yang mendatangkan malapetaka di antara musuh-musuh mereka.

Meskipun bukan orang Mesir Kuno yang memperkenalkan, namun kereta perang dalam pertempuran menjadi senjata yang pasti dalam pertahanan.

Baca Juga: Ternyata Tidak Semua Firaun Bangun Sendiri Piramida untuk Makamnya dan Cleopatra Sebenarnya Tidaklah Cantik, Inilah 10 Fakta Luar Biasa tentang Mesir Kuno

Seperti diungkapkan oleh penulis Robin Cross dalam tulisannya ‘50 things to know about the war’, dijelaskan bahwa kereta perang ini diperkenalkan oleh kota-kota Sumeria di Mesopotamia selatan.

Bukan hanya itu saja, orang-orang Mesir Kuno bahkan menggunakannya untuk melawan orang-orang yang telah menciptakan kereta perang itu.

“Orang Mesir dari Dinasti ke-18 mengubah kesuksesan teknologi itu melawan penemu mereka sendiri dengan menggunakan unit kereta untuk menaklukkan satu demi satu provinsi di seluruh Timur Tengah,” jelas ahli Mesir Kuno, Toby Wilkinson, dalam karyanya ‘Rise and Fall of Ancient Egypt’.

Sebagian besar penulis sepakat dalam memperkirakan kemunculan kereta perang antara tahun 2600 dan 2000 SM.

Baca Juga: Pantas Saja Mumi Firaun Tutankhamun 'Abadi' hingga Ribuan Tahun hingga Bikin Ilmuwan Bingung, Terkuak Rahasia Besar Formula Mumifikasi Mesir yang Mengejutkan Ini