Find Us On Social Media :

Sukses Jadikan Mayat Abadi Selama Ribuan Tahun hingga Membingungkan Banyak Ilmuan, Terkuak Ini Rahasia Besar di Balik Pembuatan Mumi Mesir yang Jarang Diketahui Orang

By Tatik Ariyani, Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:02 WIB

(ilustrasi) Formula mumifikasi. Tempat peristirahatan sederhana Hatshepsut ditemukan oleh Howard Carter, yang terkenal mengungkap kuburan Tutankhamun.

Intisari-Online.com - Para ilmuwan telah mengungkap formula pembalseman Mesir kuno yang asli, yang pertama kali digunakan untuk mengawetkan mayat, setelah pemeriksaan mumi.

Serangkaian tes kimia forensik yang dilakukan pada mumi yang berasal dari 3.700-3.500 SM mengungkapkan formula dan menegaskan bahwa itu dikembangkan jauh lebih awal dan digunakan lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Museum Mesir di Turin, Italia, sekarang menjadi rumah bagi mumi yang dimaksud.

Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Archaeological Science.

Baca Juga: Misteri Mengapa Orang-orang Yahudi Meniup Tanduk Domba Jantan 100 Kali Tiap Tahun Baru Yahudi? Ternyata Ada Kaitan Mengejutkan dengan Firaun Akhenaten Ini

Dr Stephen Buckley, seorang arkeolog dari University of York, mengatakan kepada BBC News bahwa mumi ini "secara harfiah mewujudkan pembalseman yang merupakan jantung mumifikasi Mesir selama 4.000 tahun".

Melansir BBC News (16 Agustus 2018), Dr Buckley dan rekan-rekannya mengerjakan "sidik jari" kimia dari setiap bahan, meskipun setiap elemen bisa berasal dari sejumlah sumber.

Jadi formula dasarnya adalah:

- minyak tumbuhan - mungkin minyak wijen;

Baca Juga: Malapetaka Menanti Bagi yang Berani Sentuh Mumi Mesir Kuno, Terkuak Inilah Bunyi Kutukan Firaun yang Dipercaya Pernah Mencelakai Peneliti, 'Terkutuklah Orang yang Menggerakkan Tubuhku'