Find Us On Social Media :

Siap Perang Kapan Saja, China Diam-diam Bangun Pangkalan Udara Dekat India, Lengkap dengan Peralatan Militer yang Siap Menyerang dari Jarak Presisi

By Tatik Ariyani, Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:53 WIB

J-16 Flanker di sebuah lapangan terbang di Tibet.

Intisari-Online.com - China diam-diam membangun pangkalan udara baru di dekat perbatasannya dengan India.

China memperluas atau menambah infrastruktur yang sudah ada untuk mengubahnya menjadi lapangan terbang serba guna yang dapat menampung pesawat sipil dan militer secara bersamaan dan melakukan operasi ofensif sepanjang waktu.

Investasi besar-besaran China di dekat LAC (Garis Kontrol Aktual) sedang dimanfaatkan oleh Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF), sebagaimana dikonfirmasi oleh tingkat aktivitas yang tidak biasa di wilayah tersebut.

Ini selain penyebaran sistem pertahanan udara berbasis darat dan pengembangan benteng baru, heliport, dan rel kereta api.

Baca Juga: Gara-Gara Rudal Hipersonik China Ini Seluruh Dunia Dibuat Geger, Amerika Ketar-Ketir Ungkap Ternyata Ikut Kembangkan Senjata Serupa Untuk Lawan China dan Rusia

Di seluruh provinsi barat yang berbatasan dengan India, Beijing telah mengembangkan landasan pacu baru yang meningkatkan potensi PLAAF.

Melansir The EurAsian Times, Sabtu (16/10/2021), munculnya tempat perlindungan pesawat, infra militer bawah tanah dan penguatan fasilitas pendukung akan membantu China untuk mempersiapkan potensi konflik udara dengan India, di mana banyak ahli mengatakan IAF (Angkatan Udara India) memiliki keunggulan.

Sebagian besar dari pembangunan infrastruktur ini difokuskan pada peningkatan PLAAF.

Menurut Kepala Staf Udara Angkatan Udara India Vivek Ram Chaudhari PLAAF menimbulkan ancaman signifikan bagi tentara India dan aset angkatan udara yang ditempatkan di Ladakh timur dari pangkalan udara di Tibet.

Baca Juga: Saat China Makin Menderita Justru Pengusaha Indonesia Dipastikan Tertawa, Gara-gara Krisis Energi, China Sampai Mati-matian Bergantung Hal Ini pada Indonesia