Find Us On Social Media :

Salah Satu yang Tertua di Dunia, Alasan Pembuatannya Menjadi Misteri, Inilah Kapal Khufu yang Konon Merupakan 'Kendaraan' Firaun Melintasi Langit setelah Kematian

By Khaerunisa, Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:15 WIB

Kapal Khufu.

Intisari-Online.com - Pada 26 Mei 1954, sebuah kapal ditemukan oleh arkeolog dan jurnalis Mesir Kamal el-Malakh di dalam Piramida Agung Giza.

Kapal itu ditemukan di dalam dua lubang beratap di dasar Piramida Khufu, di mana pada bagian bawah salah satunya adalah kapal yang dibongkar dengan indah yang diukir dari kayu cedar.

Kapal yang kemudian dikenal sebagai 'Kapal Khufu' itu terdiri dari 1.224 bagian yang semuanya ditemukan.

Dilaporkan kapal kayu itu berusia 4.600 tahun, dan dirancang dengan sangat baik sehingga masih bisa berlayar jika diluncurkan kembali ke Sungai Nil hari ini.

Baca Juga: Meregang Nyawa di Tangan Negaranya Sendiri, Dulu Presiden Ini Disebut sebagai 'Firaun' yang Menjual Mesir kepada Israel, Namun Dunia Arab Sekarang Justru 'Jilat Ludah Sendiri'?

Agustus 2021 lalu, Kapal Khufu dipindahkan dari dekat Piramida Giza ke Museum Agung Mesir, sebuah tempat canggih yang dijadwalkan dibuka di luar Kairo pada akhir 2021.

Melansir smithsonianmag.com (12/8/2021), Pejabat Mesir mengangkut perahu kayu cedar itu dalam wadah logam penyerap goncangan yang dibawa oleh kendaraan kendali jarak jauh yang diimpor dari Belgia.

Pemindahan kapal itu dilakukan perlahan untuk melindungi kapal yang rapuh dari kerusakan, meskipun Piramida Giza hanya lima mil jauhnya dari museum yang akan menjadi rumah baru kapal tertua itu.

Bahkan, dilaporkan secara total perjalanan memakan waktu sepuluh jam, mulai Jumat malam dan berakhir Sabtu pagi.