Find Us On Social Media :

Kematiannya Menginspirasi Penggunaan Helm di Dunia, Legenda Perang Dunia I Ini Tewas dalam Kecelakaan Paling Disesalkan

By Khaerunisa, Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:40 WIB

T.E Lawrence mengalami kecelakaan fatal saat mengendarai motornya Brough Superior SS100 tahun 1935.

Intisari-Online.com - Sejarah penggunaan helm sepeda motor di dunia tak lepas dari sosok legenda Perang Dunia I Thomas Edward Lawrence.

Ya, siapa sangka sosok yang menginspirasi penggunaan alat keselamatan berkendara ini adalah seorang perwira intelijen Inggris yang legendaris tersebut.

Bermula dari kecelakaan fatal yang menimpa Lawrence di jalur pedesaan Dorset saat ia mengendarai motornya Brough Superior SS100.

Dilaporkan, saat itu Lawrence membanting setir ketika tiba ada dua orang anak laki-laki yang sedang bersepeda di jalan menurun yang dilaluinya.

Baca Juga: Lawrence of Arabia, Legenda Agen Rahasia Inggris yang Jago Tempur Saat Pimpin Gerilyawan Arab

Lawrence pun terlempar dari kendaraannya dan mendapat luka yang serius di bagian kepala.

Dilarikan ke rumah sakit, sosok yang dijuluki 'Lawrence of Arabia' ini meninggal dunia pada 13 Mei 1935, setelah 6 hari mendapat perawatan.

Peristiwa yang menimpa Lawrence menjadi tragedi yang mengejutkan dunia. Bahkan, kematiannya yang terlalu dini, di usia 46 tahun, telah dicatat sebagai kecelakaan tragis yang disesalkan sampai sekarang.

Bagaimana kecelakaan yang menimpa perwira Angkatan Darat Inggris itu menjadi tonggak penggunaan helm sepeda motor di dunia?