Find Us On Social Media :

'Seandainya Saya Tidak Membantu, Mereka Pasti Tertembak' Kisah Heroik Edith Cavell, Perawat Inggris yang Dieksekusi Perwira Jerman Selama Perang Dunia I

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:15 WIB

Kisah heroik Edith Cavell, perawat Inggris yang dieksekusi tentara Jerman saat Perang Dunia 1.

Intisari-Online.com – Ketika itu sebuah poster propaganda beredar luas tentang eksekusi Edith Cavell, yang diduga dihabisi oleh seorang perwira Jerman.

Setiap tahun, dua perawat terpilih untuk meletakkan karangan bunga di patung Edith Cavell dekat Trafalgar Square di pusat kota London.

Sementara, sekitar 321 km timur laut ibu kota, upacara peringatan diadakan di gereja di desa pedesaan Swardestone, tempat Cavell dilahirkan.

Edith Cavell adalah seorang perawat yang bekerja di Belgia yang diduduki selama Perang Dunia Pertama.

Baca Juga: ‘Anda Dengar Jeritan Itu? Saya Harus Bantu Mereka’, Kisah Heroik Rick Rescorla, Veteran Perang Vietnam yang Selamatkan Ribuan Nyawa, Sempat Ramalkan Serangan Teroris Akan Terjadi pada Menara Kembar

Dia dieksekusi oleh regu tembak Jerman pada tanggal 12 Oktober 1915 karena membantu sekitar 200 tentara Inggris dan Prancis melarikan diri dari negara itu.

Ketika itu usia Cavell 49 tahun.

Kematiannya menyebabkan kemarahan di seluruh dunia dan memainkan peran penting dalam membawa AS yang geram ke dalam perang

Cavell, lahir pada tahun 1865. Dia fasih dalam berbahasa Prancis yang dipelajarinya di sekolah, sehingga memungkinkan dia untuk bekerja sebagai pengasuh untuk keluarga di seluruh Eropa, termasuk Brussel..

Baca Juga: Pesawat yang Fantastis! Kisah Heroik Pilot Wanita Terbaik yang Bawa Pulang ‘Babi Hutan’ A-10 dalam Keadaan Rusak Berat, Berhasilkah Dia?