Find Us On Social Media :

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Apa Maksudnya?

By Khaerunisa, Senin, 11 Oktober 2021 | 13:15 WIB

Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa.

Intisari-Online.com - Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan salah satu hal yang sering kita dengar. Tapi, apa maksudnya?

Itu mengandung makna bahwa semua aktivitas dalam kehidupan sehari-hari Bangsa Indonesia harusnya sesuai dengan Pancasila.

Dalam berperilaku hingga menyelesaikan berbagai persoalan, Pancasila hendaknya dijadikan sebagai acuan oleh Bangsa Indonesia.

Pancasila dianggap memiliki nilai-nilai kehidupan paling baik, sehingga, Pancasila pun dijadikan dasar dan motivasi dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

Baca Juga: Wajib di Era Soeharto, Pemutaran Tiap Tahun Film G30S/PKI Dihentikan Sejak Tahun 1998, Ini Tokoh di Balik Penghentiannya

Lebih rincinya, berikut ini fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa:

Pertama, pancasila dijadikan petunjuk untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Baik itu permasalahan yang terjadi di Indonesia atau bahkan di masyarakat dunia.

Kedua, pancasila bisa menjadi cara untuk menyelesaikan persoalan budaya, sosial, ekonomi, dan politik agar negara kita semakin maju.

Ketiga, warga negara Indonesia jadi memiliki acuan untuk membangun dirinya berdasarkan apa yang menjadi cita-cita bangsa.