Find Us On Social Media :

Anda Tak Akan Menyesal Mencobanya, Siram Air Bawang Putih pada Tanaman, Hal Ajaib Ini Akan Terjadi!

By Tatik Ariyani, Senin, 4 Oktober 2021 | 20:56 WIB

Bawang putih

Intisari-Online.com - Bagaimana Anda membasmi hama pada tanaman?

Mungkin banyak orang yang akan menjawab mereka menggunakan produk insektisida kimia untuk memberantasnya.

Namun, Anda sebenarnya juga punya pilihan untuk membasmi hama tanaman dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menggunakan bawang putih.

Dilansir dari Den Garden, Minggu (24/1/2021), senyawa belerang aktif dalam bawang putih bertindak sebagai pestisida yang ampuh dan juga menghilangkan jamur serta menghalangi hama yang akan tumbuh.

Baca Juga: Mentang-mentang Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Jangan Sembarangan Letakkan Bawang Putih, Simpan di Tempat Ini Malah Bisa Bikin Seisi Rumah Penyakitan

Caranya menggunakan bawang putih untuk membasmi hama tanaman adalah dengan membuat "teh bawang putih" alias pestisida cair dari bawang putih.

Semprotan air bawang putih ini bisa diaplikasikan pada sayuran, buah, hias, dan tanaman dalam ruangan.

Saat digunakan sebagai semprotan daun, air bawang putih efektif membasmi kutu daun, kumbang kentang, lalat putih, kumbang kacang, cacing kubis, tungau laba-laba, ngengat, semut, dan rayap.

Jika digunakan sebagai perawatan tanah, air bawang putih adalah pengobatan yang diakui untuk membasmi nematoda dan agas jamur.

Baca Juga: Sekilas Tampak Seperti Bumbu Dapur Biasa, Siapa Sangka Bawang Bombai Memiliki Berbagai Khasiat untuk Tubuh yang Sangat Sayang untuk Anda Lewatkan, Apa Saja?