Find Us On Social Media :

AS Makin Khawatir Dominasi Udaranya Dikalahkan China, Terbukti Rudal PL-15 China Lebih Unggul dari AIM-120 Amerika, Ini Buktinya

By Tatik Ariyani, Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Rudal PL-15 China

Intisari-Online.com - Selama bertahun-tahun, AIM-120 buatan AS tetap menjadi salah satu rudal udara-ke-udara modern yang paling kuat.

Namun kini, China telah meluncurkan versi terbaru dari rudal PL-15 "paling canggih", yang menurut beberapa analis, dapat menimbulkan tantangan signifikan bagi kekuatan udara Amerika.

PL-15 adalah rudal udara-ke-udara (AAM) jarak jauh di luar jangkauan visual (BVR) yang sangat canggih yang saat ini digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat-Angkatan Udara (PLAAF).

Varian ekspor, PL-15E, telah dipajang di pameran udara Zhuhai yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Mati-matian Disimpan Amerika, Pesawat Tempur F-22 Raptor Rupanya Memiliki Kelemahan yang Fatal Dibandingkan Pesawat Tempur Su-35 Milik Rusia

Melansir The EurAsian Times, Minggu (3/10/2021), PL-15 adalah upgrade dari PL-12 dan telah didesain ulang dengan sirip kontrol utama dan ekor yang dipotong, dengan lebar sayap yang lebih kecil.

Hal ini dilakukan agar sesuai dengan ruang senjata internal pesawat tempur J-20 'Mighty Dragon' dan FC-31 generasi berikutnya.

Menurut pabrikannya, Aviation Industry Corporation of China, PL-15E “memiliki kemampuan untuk menyerang pesawat berawak, pesawat tak berawak, rudal jelajah dan target lainnya yang terletak lebih dari 145 km (90 mil) jauhnya”.

Rudal jarak menengah hingga jarak jauh dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan empat kali kecepatan suara.

Baca Juga: Punya Banyak Jet Tempur Canggih, AS Malah Bakal Gunakan Lagi Pesawat Tempur Usang F-117 Nighthawk yang Sudah Dipensiunkan 13 Tahun Lalu, Untuk Apa?