Kisah Menegangkan, Ketika Jet Tempur MiG-25 Uni Soviet Dicuri oleh Pilotnya Sendiri, AS pun Sumringah Bisa Bongkar dan Curi Informasi Senjata yang Bikin Barat Ketakutan

Tatik Ariyani

Penulis

MiG-25

Intisari-Online.com -Letnan Viktor Ivanovich Belenko merupakan seorang pilot dengan Resimen Tempur 513, Angkatan Udara ke-11, dari Pasukan Pertahanan Udara Soviet.

Belenko telah menerbangkan misi yang tak terhitung jumlahnya dan kerap hidup menantang maut.

Namun, suatu hari, Belenko merasakan otot-otot lengan, kaki, dan perutnya menegang untuk mengantisipasi misi yang akan dilakukannya sendiri.

Melansir Amusing Planet, dalam enam jam, Belenko menghitung, pilot berusia dua puluh sembilan tahun itu akan tahu apakah dia akan mati atau terlahir kembali di dunia baru.

Baca Juga: 3 Jet Tempur Fenomenal Sepanjang Sejarah Penerbangan, Salah Satunya Tak Diakui Pemiliknya Selama 6 Tahun

Setelah menjalani latihan dan pemeriksaan kesehatan rutin, Belenko bergabung dengan pilot lain yang menunggu untuk melompat ke salah satu jet tempur paling kuat di dunia.

MiG-25 adalah pesawat terbaru Soviet dan rahasia yang dijaga ketat.

MiG-25 dibangun sebagai tanggapan atas serangkaian pesawat yang dibawa AS, dari pesawat tempur F-108 hingga SR-71 “Blackbird” dan pembom besar B-70.

Pada tahun 1967, MiG-25 membuat rekor dunia dengan mencapai kecepatan 2.981 kilometer per jam, dan pada tahun 1973, ia melampaui rekor ketinggian dengan melonjak hingga 118.900 kaki.

Baca Juga: Masih Dikuasai oleh Militer Rusia, Inilah 5 Pesawat Tempur Tercepat yang Masih Terbang Hingga Saat Ini, Mulai Saat Perang Dingin Sebagai Bentuk Pertahanan Negara

MiG-25 dibuat dari paduan yang mengandung delapan puluh persen nikel dan baja, berbeda dengan titanium yang dibuat dari Lockheed SR-71 Blackbird, karena titanium mahal dan baja murah dan berlimpah.

Lebar sayap MiG-25 yang panjang disalahartikan oleh intelijen AS sebagai indikasi kemampuan manuver yang super, dengan kata lain, dogfighter yang tangguh.

Pada kenyataannya sayap-sayap itu hanya dimaksudkan untuk menjaga badan pesawat yang berat di udara.

Faktanya, sebagian besar kemampuan MiG-25 tidak diketahui dan menjadikannya salah satu pesawat yang paling ditakuti di Barat.

Soviet sangat tertutup sehingga setiap MiG-25 dilengkapi dengan tombol penghancur sendiri.

Ini adalah pesawat yang direncanakan Viktor Belenko untuk dicuri pada 6 September 1976, untuk membelot ke Barat.

Belenko menaiki tangga logam setinggi empat belas kaki dan duduk di kokpit hijau.

Tepat pukul 12:50, dia melepaskan rem yang menahan pesawat, dan dalam beberapa detik melayang ke udara.

Baca Juga: Sudah Tak Menjabat Sebagai Presiden AS, Donald Trump Malah Blak-Blakan Bocorkan Informasi Rahasia di Laboratorium Wuhan, 'Ada Kantong Mayat di Sekitar Laboratoium Itu'

Untuk menghemat bahan bakar, yang diperlukan untuk perjalanan 400 mil ke Jepang, Belenko mematikan afterburner sebelum waktunya.

Dia juga naik lebih lambat dari biasanya, membutuhkan waktu lima menit untuk mencapai 24.000 kaki, bukan empat normal.

Setelah terbang beberapa saat dalam formasi, Belenko memisahkan diri dan membiarkan pesawat meluncur ke bawah, berharap penurunannya akan sangat bertahap sehingga pengontrol radar tidak akan segera menyadarinya.

Pada ketinggian 19.000 kaki, Belenko tiba-tiba menancapkan tongkat ke depan dan menghempaskan MiG ke dasar lembah, sebelum mendatar pada ketinggian 100 kaki.

Belenko menggelegar melewati lembah dan dalam dua menit melesat di atas Laut Jepang.

Dia menekan tombol yang mulai menyiarkan suar terus menerus yang hanya digunakan dalam keadaan darurat, dan empat puluh detik kemudian mematikan sinyalnya.

Siapa pun yang mendengarkan frekuensi marabahaya akan berasumsi bahwa Belenko telah jatuh.

Secara bersamaan dia mematikan radarnya dan semua peralatan lainnya, termasuk radionya, yang emisi elektroniknya dapat dilacak.

Baca Juga: Bikin Syok Satu Dunia, Selama Ini Mati-matian Tuduh Bocor dariLaboratorium Wuhan, Mantan Orang Dalam Partai Komunis China Malah Bongkar Asal Usul Covid-19, MauDisebar di Acara Ini

Untuk menghindari deteksi radar Soviet, Belenko harus terbang rendah.

Dua kali ia harus membelok untuk menghindari menabrak kapal penangkap ikan.

Hanya ketika dia merasa bahwa ombaknya juga semakin tinggi dia naik ke 150 kaki.

Tetapi pada ketinggian yang begitu rendah, mesin menghabiskan bahan bakar pada tingkat yang mengkhawatirkan, dan Belenko takut dia tidak akan pernah berhasil mencapai pangkalan udara di Hokkaido, Jepang. Risiko deteksi, Belenko terpaksa naik ke awan.

Setelah 30 menit terbang, Belenko mengira dia mendekati wilayah udara Jepang dan mencekik kembali mesinnya untuk menunjukkan kurangnya niat bermusuhan dan memfasilitasi intersepsi.

Belenko berharap dia akan dicegat oleh pesawat tempur Phantom Jepang dan dikawal ke tempat pendaratan yang aman.

Jepang telah mendeteksi pesawat Belenko di layar radar mereka sebagai kesalahan kecil, tetapi Phantom dan MiG yang bergegas untuk mencegatnya di langit tidak dapat menemukan pesawat yang mengganggu di antara awan.

Akhirnya, Belenko berpikir bahwa dia harus mendarat sendiri dan mulai berburu tempat yang memungkinkan untuk mendarat, seperti hamparan tanah datar atau jalan raya.

Dengan bahan bakar yang hampir habis, Belenko berlari ke darat, dan tepat saat awan menghilang, Belenko melihat sebuah lapangan terbang di depan.

Belenko datang terlalu cepat, dan meskipun meluncurkan drag chutes, MiG melampaui landasan,

Ketika berita pembelotan Viktor Belenko mencapai Uni Soviet, Kedutaan Besar Soviet di Tokyo mengumumkan bahwa Uni Soviet memiliki "hak yang tidak dapat diganggu gugat untuk melindungi rahasia militernya", dan dengan demikian pesawat militer rahasia dan Belenko dikembalikan kepada mereka.

CIA tidak bisa mempercayai keberuntungan mereka.

Setelah bertahun-tahun menyipitkan mata pada foto satelit yang buram, inilah MiG-25 yang hampir utuh, dengan buku panduan teknis yang berguna yang telah diselundupkan Belenko.

Pesawat itu segera dibongkar dan diperiksa secara mendalam.

Amerika mengetahui bahwa Soviet tidak membangun pesawat tempur super yang ditakuti Pentagon, tetapi pesawat tidak fleksibel yang penuh dengan kekurangan.

Meskipun MiG-25 secara teknis dapat terbang dengan kecepatan Mach 3, kecepatan tinggi seperti itu memberikan tekanan besar pada mesin dan badan pesawat itu sendiri.

Terbang dengan kecepatan Mach 3 selama lebih dari beberapa menit akan menghancurkan mesin.

Pilot MiG-25 diperingatkan untuk tidak pernah melebihi Mach 2.8.

Mesinnya yang besar menghabiskan begitu banyak bahan bakar sehingga jangkauan tempur pesawat sangat rendah, hanya 299 kilometer.

Setelah Amerika mengetahui semua yang perlu diketahui tentang pesawat itu, Jepang mengemas MiG-25 yang telah dibongkar ke dalam 30 peti kayu dan mengirimkannya kembali ke Uni Soviet.

Mereka juga membebankan biaya pengiriman US$40.000 kepada Uni, yang tidak pernah dibayar oleh Soviet.

Pembelotan Viktor Belenko dan kompromi dari MiG-25 mendorong Soviet untuk mengembangkan pesawat pencegat supersonik baru, MiG-31, yang terus dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Udara Kazakhstan.

Sementara itu Viktor Belenko mendapat sambutan hangat di Amerika.

Seperti banyak pengunjung dari Uni Soviet sebelumnya, Belenko terperangah dengan kunjungan pertamanya ke supermarket Amerika.

Belenko, yang hanya mengenal pasar daging Soviet dengan bau busuk, tempat sampah dan konter yang tidak dicuci, sisa-sisa makanan yang membusuk dan tidak tersapu, terkejut melihat betapa bersih, teratur, dan berlimpahnya segala sesuatunya. Dia yakin CIA telah menyiapkan pertunjukan untuknya.

Viktor Belenko akhirnya menjadi warga negara Amerika pada tahun 1980.

Ia menikah dengan seorang guru musik dari North Dakota, Coral, dan menjadi ayah dari dua putra.

Dia dilaporkan bekerja sebagai insinyur luar angkasa.

Artikel Terkait