Find Us On Social Media :

Sekutu Dekat, Tak Disangka Israel Jadi Alasan AS Tak Jual Jet Tempur F-22 Versi Asli ke Negara Lain, Takut Israel Bakal Lakukan Hal Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 19 September 2021 | 14:51 WIB

Jet tempur F-22

Intisari-Online.com - Lockheed Martin F-22 Raptor milik Amerika Serikat (AS) adalah salah satu jet tempur superioritas udara paling dominan di dunia.

Pesawat bermesin ganda ini dapat mengalahkan hampir semua musuh di dunia ini.

Kekuatannya justru mencegahnya dijual ke pasukan militer di luar AS.

Beberapa waktu yang lalu, dalam upaya untuk menyimpan senjata perkasa ini untuk diri mereka sendiri, AS telah menandai F-22 sebagai "tidak untuk dijual".

Baca Juga: Tak Biarkan China Kuasai Dunia, Angkatan Udara Amerika Kerahkan Puluhan Jet Tempur Siluman Tercanggih, Sekaligus Beri Peringatan Keras pada Negeri Panda Agar Sadar Diri

Namun, pihaknya sempat menjajaki membuat varian ekspor Raptor sekali.

Melansir The Eurasian Times, Jumat (17/9/2021), AS telah menetapkan, jauh di tahun 1997, bahwa F-22 Raptor tidak dapat diekspor bahkan ke negara-negara sekutu.

Pemerintah, dan khususnya Anggota Kongres David Obey, khawatir bahwa teknologi sensitif dan rahasia yang masuk ke pesawat perang yang perkasa ini dapat ditemukan dan direkayasa balik oleh musuh AS.

Karakteristik siluman yang unik pada pesawat, khususnya, harus dijaga dari tangan musuh. Ini adalah alasan resmi yang diberikan.

Baca Juga: Tak Hanya Sekadar Latihan Militer, 25 Pesawat Tempur F-22 Raptor yang Dikerahkan AS ke Pasifik Barat Rupanya Kirimkan Sinyal Ini ke China