Penulis
Intisari-onlin.com - di Timur Tengah kelompok Islam ekstremis diangggap tumbuh subur hingga memicu kekhawatiran Amerika.
Lantas bagaimana kelompok, seperti Taliban, Al-Qaeda, hingga ISIS tumbuh besar di sana?
Sarjana Amerika Sheri Berman dalam artikelnya tahun 2003 Islamism, Revolution, and Civil Society.
Mengatakan bahwa ekstremisme Islam adalah nama untuk gerakan dan ideologi Islam yang menyatakan bahwa Islam adalah pusat dan pedoman bagi kehidupan sosial, kegiatan politik dan kehidupan.
Ini kontroversial ketika menegaskan bahwa Islam memiliki peran besar dalam politik.
Para pendukung paham ini berpendapat bahwa ideologi Islam lebih unggul dari agama-agama lain.
Penegakan hukum Syariah oleh ekstremis adalah jantung dari ekstremisme Islam.
Selain itu, kaum puritan ingin menghilangkan apa yang mereka anggap sebagai non-Muslim, terutama pengaruh militer, ekonomi, politik, sosial dan budaya Barat, menurut sarjana Amerika Dale.C. Eikmeier.
Ekstremisme Islam berakar pada reformasi Islam abad ke-19.
Dalam artikelnya tahun 2011, ilmuwan politik Jerman Armin Pfahl-Traughber menguraikan beberapa fitur menonjol dari ekstremisme Islam.
Termasuk, melihat Islam sebagai tatanan kehidupan dan tatanan negara, atas nama Islam untuk menciptakan tatanan sosial yang terpadu, yang tidak tidak mengakui negara demokrasi konstitusional, dan rentan terhadap ekstrem dan kekerasan.
Fakta bahwa organisasi Islam radikal seperti IS atau Taliban memiliki bentuk hukuman yang ekstrim seperti eksekusi, rajam sampai mati, atau pemotongan anggota badan bukanlah hal baru.
Namun, sebagian masyarakat masih mendukung dan tidak berani menentang penerapan bentuk hukuman yang ekstrim tersebut.
Syariah adalah seperangkat hukum dan aturan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, berdasarkan kombinasi Al-Qur'an dan perintah Nabi Muhammad.
Menurut ulama Amerika, Asma Afsaruddin, Syariah dalam bahasa Arab berarti "jalan".
Hukum Islam diyakini sebagai jalan bagi umat Islam untuk mendapatkan arahan moral dalam perilaku mereka.
Beberapa sarjana Amerika percaya bahwa sifat Syariah tidak seburuk yang dipahami banyak orang karena itu hanya alat. Syariah itu baik atau buruk tergantung siapa yang menggunakannya.
Misalnya, Brunei dan Arab Saudi telah menggunakan Syariah untuk membatasi kebebasan perempuan.Baca Juga: Ditinggalkan Amerika Serikat, Sifat Asli Taliban Terbongkar Penguasa Afghanistan Itu Blak-Blakan Ungkap Hubungannya Dengan Organisasi Osama Bin Laden Ini
Ini memberi Syariah reputasi buruk. Tetapi sarjana Mark Fathi Massoud, profesor Studi Politik dan Hukum di University of California (AS), menunjukkan bahwa Syariah pernah memberi wanita beberapa hak yang tak tertandingi di dunia pra-modern.
MenurutThe Conversation, ulama perempuan Afsaruddin mengatakan bahwa Syariah menetapkan bahwa pernikahan membutuhkan persetujuan dari wanita.
Hal ini juga memungkinkan perempuan untuk bercerai dalam kondisi khusus tertentu.
Syariah bahkan mengizinkan wanita Muslim untuk mewarisi properti pada saat wanita Eropa belum menikmati hak tersebut.
Bagi umat Islam, Syariah adalah sesuatu yang sangat sakral.
Sampai pada titik di mana sebagian besar Muslim percaya Syariah adalah firman pencipta, bukan hanya kode hukum buatan manusia berdasarkan Al-Qur'an, menurut survei yang diterbitkan di situs web Pew Forum.
Organisasi-organisasi Islam radikal memanfaatkannya untuk membuat sebagian penduduk percaya bahwa hukuman ekstrem yang mereka berikan sesuai dengan firman sang pencipta.
Hal itulah yang dinilai menjadi alasan sebagian masyarakat masih mendukung Islam radikal.
Dalam kasus Afghanistan, di mana pemerintah yang didukung AS tidak efisien, sangat korup, dan gagal melindungi banyak orang karena kurangnya penegakan hukum yang ketat, sebagian penduduk mendukung Taliban.
Sampai batas tertentu, organisasi ini dapat memecahkan masalah korupsi dan mewujudkan kehidupan tanpa perang. Penegakan hukum Syariah, meskipun sangat keras, cukup jelas.
Timur Tengah, dengan posisinya yang istimewa di persimpangan peradaban-peradaban besar, sering mengakibatkan konflik nilai antara peradaban Barat dan peradaban Arab, antara Kristen dan Islam.
Kebijakan intervensi Barat di Timur Tengah dianggap sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap lahirnya organisasi Islam radikal seperti al-Qaeda, Taliban atau ISIS.
Kebijakan intervensionis ini berlangsung dari Abad Pertengahan, melalui periode kapitalis hingga saat ini, menciptakan resistensi psikologis dan spiritual dalam komunitas Muslim.
Pada Abad Pertengahan, ada perang salib yang diluncurkan oleh penguasa feodal Barat (Gereja Romawi) melawan Islam dan menaklukkan tanah Muslim.
Pada saat kapitalisme, Barat terus mendominasi Timur Tengah, menjadikan wilayah ini koloni atau protektorat mereka.
Sejak pertengahan abad ke-20 dan berlanjut hingga saat ini, Amerika, meskipun bangga tidak memiliki sejarah penjajahan seperti di era kapitalis, masih mengikuti "jalur jatuh" intervensi di Timur Tengah.
Sebuah pertanyaan muncul mengapa AS dan Barat menggunakan banyak bom tetapi tidak bisa menghancurkan Islam radikal.
The Fair Observer mengutip satu alasan mengapa para pemimpin Amerika dan Barat salah memahami masyarakat, budaya, dan politik di Timur Tengah.
Hal ini mengakibatkan mereka sering berfokus pada peningkatan pasokan senjata, amunisi dan pelatihan militer daripada pada bantuan kemanusiaan, pendidikan atau bentuk promosi pembangunan lainnya.
Dampak dari kesalahan ini menciptakan siklus berkelanjutan di mana siapa pun yang memiliki kekuatan militer akan mengambil alih kekuasaan dan menggunakan model aturan yang sama.
Menurut Fair Observer, apa yang telah "membutakan AS dan Barat" adalah kesalahpahaman lama bahwa masyarakat di Timur Tengah adalah masyarakat yang "anti-sipil", anti-demokrasi, dan anti-budaya.
Pemikiran itu mengarah pada kesimpulan yang salah, bahwa negara-negara di Timur Tengah akan mengalami perang berdarah dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan senjata.
Pendekatan ini tidak hanya tidak menyelesaikan masalah, tetapi juga berkontribusi untuk mendorong negara-negara di kawasan itu ke dalam spiral kekerasan.
Kenyataan telah membuktikan bahwa, meskipun menggunakan banyak bom, pemerintah AS, Barat dan Washington di Timur Tengah masih belum dapat sepenuhnya menghilangkan Islam radikal.
Bahkan organisasi Islam radikal telah muncul lebih kuat.
Pada puncaknya, ISIS tidak hanya mengejutkan dunia dengan eksekusi publiknya, tetapi juga merebut sebagian Irak dan Suriah.
Pada tahun 2001, AS mengirim pasukan ke Afghanistan untuk memerangi al-Qaeda.
Dua puluh tahun kemudian, ketika Washington menarik diri dari negara Asia Selatan itu, negara itu dibom oleh teroris, menewaskan banyak anggota militer Amerika.
Selain itu, "hantu" al-Qaeda, yang dikatakan telah menurun setelah kematian pemimpin teroris Osama bin Laden, telah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di Afghanistan.
Surat kabar The Print pada akhir Agustus melaporkan bahwa Amin al-Haq, seorang tokoh senior al-Qaeda yang selama bertahun-tahun adalah pemimpin pengawal Osama bin Laden, berada di dekat sini telah kembali ke rumah di provinsi Nangarhar, Afghanistan.
Saluran TV Al Arabiya pada 2 September mengutip Fahim Dashti, juru bicara faksi anti-Taliban di Afghanistan, yang mengatakan bahwa para pejuang Taliban mendapat dukungan al-Qaeda ketika mereka menyerang benteng Panjshir.
AS dan negara-negara Barat juga telah menyebabkan sejumlah perang yang telah menewaskan banyak umat Islam dan memberlakukan model manajemen ala Barat di negara-negara Timur Tengah.
Ini mengganggu keseimbangan internal negara-negara seperti Irak, Suriah, dan Afghanistan. Konsekuensinya adalah menciptakan kekosongan kekuasaan bagi konflik sektarian dan ekstremisme Islam untuk meletus.
Banyak sarjana dan politisi Barat harus mengakui bahwa perang yang dilancarkan AS di Irak pada 2003 untuk menggulingkan Presiden Saddam Hussein adalah penyebab utama lahirnya ISIS.