Find Us On Social Media :

Pertama Kalinya dalam 133 Tahun, Spesies Baru Boa Ditemukan di Republika Dominika, Kemungkinan Boa Paling Mini di Dunia

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 16 September 2021 | 08:00 WIB

Boa Hispaniolan, kemungkinan spesies boa paling mini di dunia yang ditemukan di Republik Dominika.

Intisari-Online.comSpesies ular baru itu mungkin salah satu boa terkecil di dunia.

Di hutan tropis yang gersang, di sebuah pulau Karibia bernama Hispaniola, spesies baru boa telah merayap tanpa terdeteksi oleh para ilmuwan selama lebih dari 100 tahun.

Ular kecil, dijuluki Boa Anggur Hispaniolan (Chilabothrus ampelophis), memiliki mata lebar, pola skala zig-zag yang unik, dan moncong persegi.

Para peneliti menemukan spesies tersebut pada tahun 2020 selama tamasya malam hari yang dimaksudkan untuk menemukan katak, menurut sebuah pernyataan.

Baca Juga: Ganasnya Neraka Hijau: Saat Tentara Amerika 'Digempur' Binatang-binatang Mematikan dan Tanaman Beracun, Ada yang Membunuh Ular Boa Sepanjang 4,5 Meter

Penelitian yang menggambarkan spesies baru ini diterbitkan di Breviora, sebuah jurnal yang terkait dengan Museum Zoologi Komparatif Universitas Harvard.

"Ini adalah penemuan yang sama sekali tidak terduga," kata penulis studi Robert Henderson, kurator herpetologi di Milwaukee Public Museum.

"Meskipun ada tiga spesies boa lain yang sudah dikenal di pulau Hispaniola, namun ini adalah spesies boa baru pertama yang keluar dari pulau itu dalam 133 tahun."

Ketika peneliti melihat boa, mereka menduga itu adalah spesies baru karena ukurannya.

Baca Juga: Ular Boa Sepanjang Hampir 3 Meter Gemparkan Satu Kota, Polisi Perintahkan Penduduk Lakukan Ini