Find Us On Social Media :

Daun Telinga Kiri Terasa Panas? Ini Pertandanya Menurut Primbon Jawa, Salah Satunya Mendapatkan Rezeki Halal yang Mudah

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 15 September 2021 | 20:20 WIB

Telinga berdenging

Intisari-Online.comPrimbon  merupakan kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta.

Primbon berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan  sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan kita.

Catatan dalam Primbon Jawa digunakan sebagai pedoman atau arahan dalam rangka mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin.

Isi primbon Jawa sebagian besar berisi bahasan mengenai perhitungan, perkiraan, peramalan nasib, peramalan watak manusia, dan lainnya.

Baca Juga: Pernah Rasakan Daun Telinga Kanan Panas? Inilah Maknanya Menurut Primbon Jawa, Ada yang Berarti Datangnya Kesuksesan dan Keberuntungan

Perhitungan serta ramalan yang beragam itu menggunakan penangalan atau kalender sebagai dasarnya yang terdiri dari gabungan hari dan pasaran, yang disebut sebagai weton.

Perhitungan waktu dengan menggunakan kalender Jawa ini juga digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menentukan waktu bercocok tanam atau acara peringatan.

Termasuk juga tanda-tanda yang dialami oleh tubuh, seperti telinga berdenging, bersin tiba-tiba, daun telinga panas, hati yang bergetar, dll.

Menurut Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, begini pertanda bila daun telinga kiri panas berdasarkan waktu.

Baca Juga: Inilah Makna Letak Halaman Rumah Menurut Kitab Primbon Jawa, dan Penolak Bala Agar Tidak Terjadi Masalah