Find Us On Social Media :

Inilah Pertanda Bila Tiba-tiba Pakaian Terjatuh dari Gantungan Menurut Kitab Primbon Jawa, Salah Satunya Bermakna Mendapatkan Cinta dari Orang Lain

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 10 September 2021 | 18:00 WIB

(ilustrasi) baju tiba-tiba terjadi dari gantungan.

Intisari-Online.comPrimbon merupakan kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta.

Primbon juga berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan  sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan kita.

Catatan dalam primbon Jawa digunakan sebagai pedoman atau arahan dalam rangka mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin.

Isi primbon Jawa sebagian besar berisi bahasan mengenai perhitungan, perkiraan, peramalan nasib, peramalan watak manusia, dan lainnya.

Baca Juga: Telinga Kiri Juga Tiba-tiba Berdenging? Ini Makna Firasatnya Menurut Kitab Primbon Jawa, Salah Satunya Pertanda Cita-citanya Akan Segera Terwujud

Perhitungan serta ramalan yang beragam itu menggunakan penangalan atau kalender sebagai dasarnya yang terdiri dari gabungan hari dan pasaran, yang disebut sebagai weton.

Perhitungan waktu dengan menggunakan kalender Jawa ini juga digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menentukan waktu bercocok tanam atau acara peringatan.

Primbon Jawa juga membeberkan firasat-firasat atau pertanda-pertanda dari kejadian pada fisik seseorang, seperti kedutan, mimpi, telinga berdenging, muka panas, bersin yang tidak biasa, termasuk kejadian tidak biasa bila pakaian terjatuh dari gantungan.

Pakaian yang terjatuh dalam konteks ini adalah pakaian yang terjatuh dengan sendirinya tanpa disengaja.

Baca Juga: Rasakan Telinga Kanan Berdenging? Ini Maknanya Menurut Kitab Primbon Jawa, Salah Satunya Mendapatkan Kasih dan Sayang dari Orang Lain