Find Us On Social Media :

Inilah Tanda-tanda Wanita yang Baik Wataknya Menurut Primbon Jawa, Datangkan Rezeki bagi Keluarga, Tapi Hati-hati Bila Dia Cemburu pada Suami, Ini yang Akan Dilakukannya

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 2 September 2021 | 16:10 WIB

(ilustrasi) tanda-tanda wanita baik menurut primbon Jawa.

Intisari-Online.comPrimbon  merupakan kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta.

Menurut Wikipedia, Primbon berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan  sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan kita.

Catatan dalam primbon Jawa digunakan sebagai pedoman atau arahan dalam rangka mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin.

Isi primbon Jawa sebagian besar berisi bahasan mengenai perhitungan, perkiraan, peramalan nasib, peramalan watak manusia, dan lainnya.

Baca Juga: Kitab Primbon Jawa Beberkan Tanda-tanda Wanita yang Miliki Perilaku Tidak Baik dan Tidak Setia pada Suami, Salah Satunya Jika Tertawa dengan Posisi Seperti Ini

Perhitungan serta ramalan yang beragam itu menggunakan penangalan atau kalender sebagai dasarnya yang terdiri dari gabungan hari dan pasaran, yang disebut sebagai weton.

Perhitungan waktu dengan menggunakan kalender Jawa ini juga digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menentukan waktu bercocok tanam atau acara peringatan.

Menurut Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, ada tanda-tanda wanita yang baik (katuranggan):

Jika kulit tubuhnya berwarna hitam, besar badannya, lemas rambutnya.

Baca Juga: Anda Merasa Hidup Selalu Sial? Coba Cek Weton Anda, Apakah Termasuk dalam Weton yang Sering Apes Ini Menurut Primbon Jawa