Find Us On Social Media :

Sudah Ada Lebih dari 1.000 Tahun, Ternyata Inilah Orang Yahudi Asli China yang Dijuluki 'Orang Muslim Bertopi Biru,' Dari Mana Datangnya?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 14 September 2021 | 15:29 WIB

Orang-orang Yahudi Kaifeng: Satu-satunya Komunitas Yahudi Asli China

Intisari-Online.com - Orang-orang Yahudi telah tinggal di Kaifeng, provinsi Henan, China tengah, selama lebih dari 1.000 tahun.

Fakta ini menjadikan Yahudi Kaifeng sebagai komunitas Yahudi tertua di Tiongkok.

Melansir Myjewishlearning.com, tidak diketahui waktu pasti kapan orang Yahudi tiba di Kaifeng.

Kebanyakan sarjana percaya bahwa orang-orang Yahudi pertama kali tiba selama Dinasti Song (960-1127 M), dari India atau Persia (sekarang Iran), berhenti di Jalur Sutra.

Baca Juga: Seandainya Pembantaian Yahudi 'Holocaust' Tak Pernah Terjadi, Sekarang Populasi Bangsa Yahudi Bisa Sebanyak Ini, Pemulihannya Kini Tak Ada Setengahnya

Selama periode ini, orang-orang China menyebut orang Yahudi "Tiaojiaojin" (agama yang menghilangkan tendon) karena hukum diet Yahudi (kashrut) melarang konsumsi saraf siatik.

Beberapa saat kemudian, selama Dinasti Ming, kaisar menugaskan orang Yahudi untuk punya marga sendiri karena nama Ibrani membingungkan.

Sampai hari ini orang Yahudi Kaifeng dapat dikenali dengan nama belakang mereka: Ai, Shi, Gao, Gan, Jin, Li, Zhang atau Zhao.

Pada puncaknya, komunitas Yahudi Kaifeng memiliki sekitar 5.000 anggota.

Baca Juga: Temui Kengerian Sicarii, 'Teroris' Pertama dalam Sejarah yang Merupakan Kelompok Yahudi Fanatik yang Haus akan Darah Romawi