Find Us On Social Media :

Inilah Salah Satu Badai Paling Mematikan dalam Sejarah Amerika Serikat, Terjang Galveston, Texas, Tewaskan Ribuan Orang yang Terjebak di Bangunan Runtuh Saat Mengungsi

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 11 September 2021 | 13:20 WIB

Badai Galvestone tahun 1900 yang menewaskan ribuan orang.

Intisari-Online.com – Beberapa negara, bahkan tanah air kita Indonesia, juga pernah mengalami badai yang mengerikan, dan memporakporandakan rumah penduduk hingga menewaskan banyak orang.

Badai yang terjadi mungkin semakin kuat dan lebih sering, tetapi beberapa badai terburuk terjadi lebih dari seabad yang lalu.

Badai Galveston 1900 adalah salah satu yang paling mematikan di Amerika Serikat.

Pagi hari tanggal 4 September 1900, laporan peringatan mulai mengalir ke kantor biro cuaca di Galveston dari markas besar Washington bahwa badai tropis baru saja melanda Kuba.

Baca Juga: Simpang Siur Badai Australia Akan Melanda NTT, Ternyata Begini Penjelasan dari BMKG Kupang

Saat itu, Havana adalah rumah bagi salah satu stasiun pengamatan cuaca paling canggih di Bumi, tetapi AS memiliki hubungan yang tegang dengan Kuba setelah Perang Spanyol-Amerika.

Willis Moore, direktur biro cuaca, memblokir semua telegraf yang masuk dari Kuba.

Pada saat AS menyadari adanya badai, ia telah melakukan perjalanan jauh ke Karibia.

Kantor biro cuaca setempat tidak diizinkan untuk mengeluarkan peringatan badai tanpa izin dari kantor pusat atau menggunakan kata-kata menakutkan seperti "tornado" atau "badai" karena takut memicu kepanikan yang tidak perlu.

Baca Juga: Banjir Hebat di Timor Leste Sampai 'Tenggelamkan' Istana Negara, Rupanya Dili Sudah Jadi Langganan Banjir, Ini Upaya Mereka Lepas dari Banjir Sejak Merdeka