Find Us On Social Media :

Simpang Siur Badai Australia Akan Melanda NTT, Ternyata Begini Penjelasan dari BMKG Kupang

By Maymunah Nasution, Jumat, 6 Agustus 2021 | 08:17 WIB

Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.

Intisari-online.com - Beredar info di masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) jika badai Australia akan melanda wilayah tersebut.

Menanggapi hal itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasius Meteorologi El Tari Kupang, NTT, menjelaskannya.

Badai Australia dikabarkan akan terjadi di perairan selatan Pulau Rote Ndao dan Pulau Timor Kamis 5/8/2021 sampai Senin 9/8/2021.

Kecepatan angin diprediksi terjadi Minggu 8/8/2021.

Baca Juga: Tahu Begitu dari Dulu, Ternyata Cuma Pakai Buah Murah Meriah Ini Bisa Rawat Rambut Kusut Tak Beraturan Gara-gara Cuaca Kering

Terkait informasi itu, Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi mengatakan, fenomena angin kencang pada musim kemarau sering dan lazim terjadi di wilayah NTT.

"Terutama, di NTT bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Australia seperti di sekitar Pulau Timor, Rote, Sabu, dan Sumba," ujar Agung, dilansir dari Kompas.com, Kamis (5/8/2021) malam.

Ia menuturkan, faktor pendorong bergeraknya massa udara ini adalah perbedaan tekanan udara antara satu tempat dengan yang lain dan biasanya di NTT berlangsung pada musim kemarau.

Hal ini, kata Agung, dipengaruhi garis semu matahari yang masih berada di belahan bumi utara, sehingga tekanan udara di utara (Asia) akan lebih rendah dibandingkan tekanan udara di selatan khatulistiwa (Australia).

Baca Juga: Setelah Eropa dan China Dilanda Banjir Melumpuhkan, Kini BMKG Rilis Peringatan 23-24 Juli: Jabar & DKI Jakarta Hujan Lebat Disertai Angin Kencang