Find Us On Social Media :

Pantas Sampai Diragukan Banyak Pakar, Faktanya Status Endemi Covid-19 Masih Jadi Mimpi di Siang Bolong, Lihat Saja Syarat dan Fakta di Lapangannya Ini, Bak Langit dan Bumi!

By Tatik Ariyani, Minggu, 5 September 2021 | 18:16 WIB

Ilustrasi vaksin Covid-19.

Intisari-Online.com - Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah Indonesia tampaknya telah mengalihkan fokusnya pada pertempuran melawan Covid-19, dan sedang menjajaki gagasan untuk beralih dari memperlakukannya sebagai pandemi menjadi endemik.

Menurut KBBI, endemik adalah berkenaan dengan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Sementara dikutip dari laman Very Well Health, endemik adalah penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu.

Negara tetangga Singapura telah mulai melakukannya, dan Malaysia juga mengatakan akan melakukannya pada akhir Oktober.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pada 23 Agustus bahwa pemerintah sedang merumuskan protokol untuk "berdampingan dengan Covid-19" dan ini termasuk mempercepat vaksinasi serta meningkatkan tingkat pelacakan dan pengujian.

Baca Juga: Pakar Sampai Mencecar, Asia Tenggara dan Indo-Pasifik Lumpuh Akibat Covid-19 dan Australia Malah Ongkang-ongkang Saat Bisa Membantu Indonesia Cepat Pulih dari Covid-19

Indonesia telah berjuang untuk mencapai tujuan kekebalan kelompok melalui vaksinasi.

Upaya tersebut terhambat oleh gelombang infeksi baru sejak Juni, yang terutama disebabkan oleh varian Delta.

Tetapi situasinya agak mereda, dengan jumlah kasus turun di bawah 10.000 dan kematian turun menjadi di bawah 1.000.

Sejauh vaksinasi berjalan, 31 persen dari 208 juta populasi yang memenuhi syarat telah menerima dosis pertama mereka, sementara hampir 18 persen divaksin sepenuhnya - masih jauh di bawah target pemerintah 70 persen untuk mencapai kekebalan kelompok.

Baca Juga: Baru April Lalu Jadi Pusat Sebaran Covid-19, India Sukses Torehkan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat yang Bisa Amankan Negara Tersebut, Bisakah Indonesia Menconteknya?