Find Us On Social Media :

38 Tahun Lalu, Tembakan Sukhoi Akibatkan 269 Penumpang Pesawat Korean Air Tewas di Laut Jepang, Akibatkan ‘Tegangan Tinggi’ Uni Soviet dan Amerika Serikat

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 3 September 2021 | 10:35 WIB

Korea Airlines (KAL) penerbangan KE 007 yang ditembak jatuh oleh pesawat Sukhoi, Rusia.

Intisari-Online.com – Pada 1 September 1983 atau 38 tahun yang lalu, pesawat Korean Air Lines KE-007 jatuh di Laut Jepang, dekat Pulau Shakalin, Rusia.

Pesawat itu jatuh setelah ditembak oleh pesawat Sukhoi Su-15 milik Uni Soviet karena dinilai memasuki wilayah udara Rusia.

Sebanyak 269 penumpang dan awak pesawat meninggal dunia akibat kejadian tersebut.

Akibat insiden itu meningkatkan ketegangan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat yang sedang mengalami perang dingin.

Baca Juga: Simbol Paling Kuat dari Perang Dingin Ini Tercipta sebagai Salah Satu Dampak Isi Perjanjian Postdam, 3 Dekade Memisahkan Sanak Saudara di Kota Ini

Pada 1 September 1983, melansir History, Korean Airlines (KAL) penerbangan 007 berada pada penerbangan terakhir dari New York City, AS ke Seoul, Korea Selatan dengan persinggahan di Anchorage, Alaska.

Mengutip Birtannica, mereka singgah di Alaska untuk mengisi bahan bakar dan kemudian berangkat pada 31 Agustus pukul 04.00 waktu setempat.

Setelah itu pesawat melintasi International Date Line (Garis Waktu Internasional), dan hari berubah menjaid 1 September.

Di tengah perjalanan, pesawat mulai berbelok jauh dari jalur normal dan menyimpan gke utara.

Baca Juga: Puluhan Kota Jatuh ke Tangan Taliban, Joe Biden Langsung Kerahkan Pesawat Pemusnah Massal Untuk Dijatuhkan di Afghanistan, Lokasi Ini yang Jadi Target