Find Us On Social Media :

Banyak Orang Ketakutan Setelah Taliban Berkuasa, 7.000 Lebih Orang Sudah Dievakuasi dari Afghanistan ke Qatar, Begini Nasib Mereka Selanjutnya

By Tatik Ariyani, Minggu, 22 Agustus 2021 | 08:00 WIB

(ilustrasi) Afghanistan jatuh ke tangan Taliban.

Intisari-Online.comTaliban telah mengambil alih kekuasaan di Afghanistan tak lama setelah AS dan sekutunya menarik pasukan dari negara itu.

Enam hari setelah Taliban kuasai Afghanistan, arus orang yang mencoba melarikan diri dari negara itu terus membanjiri negara-negara lain.

Jalan-jalan menuju bandara Kabul tersendat, sementara keluarga-keluarga yang melarikan diri berkerumun di antara kawat berduri, yang memisahkan Taliban dari pasukan AS dan sekutunya.

Presiden AS Joe Biden menyebutnya sebagai salah satu pengangkutan udara terbesar dan tersulit dalam sejarah.

Baca Juga: Indonesia Ikut Terseret Juga, Akibat Situasi Mencekam di Afghanistan, Filipina Sampai Minta Tolong Pada Indonesia Untuk Lakukan Misi Ini di Afghanistan

Pejabat Qatar pada Sabtu (21/8/2021), mengatakan, lebih dari 7.000 orang telah dievakuasi dari Afghanistan ke Qatar.

Proses evakuasi berjalan tegang, ketika ribuan orang bergegas meninggalkan Kabul setelah Taliban kuasai Afghanistan.

Qatar dan Uni Emirat Arab lalu mendirikan pos-pos untuk penerbangan evakuasi, tak hanya bagi orang Afghanistan, tapi juga warga negara-negara Barat serta penerjemah Afghanistan, jurnalis, dan lainnya.

Seorang pejabat Qatar yang menolak disebutkan namanya kepada AFP mengatakan, "Sejak dimulainya operasi internasional, lebih dari 7.000 orang telah dievakuasi dari Afghanistan ke Qatar."

Baca Juga: Amerika Saja Panik Buru-buru Evakuasi Warganya dari Afghanistan, Mengapa Rusia Malah Tenang-tenang Saja Tak Khawatir Taliban Berkuasa di Negara Itu?