Find Us On Social Media :

Hanya 9 Hari Jadi Ratu Inggris, Lady Jane Grey Berakhir Tragis Karena Kesalahan Ayahnya Ini

By Tatik Ariyani, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 06:01 WIB

Lady Jane Grey

Intisari-Online.com - Lady Jane Grey dikenal dengan banyak julukan yakni 'Lady Jane Dudley', 'The Nine-Day Queen' atau 'Tragic Lady Jane Grey'.

Lady Jane Grey adalah Ratu Inggris dan Irlandia selama sembilan hari. Hal itu menjadikannya sebagai ratu dengan masa pemerintahan terpendek di Inggris dalam sejarah.

Dilansir dari The Vintage News, Lady Jane Grey adalah cicit dari Henry VII dan sepupu pertama yang pernah diangkat menduduki takhta kerajaan menggantikan Raja Edward VI.

Raja Edward VI adalah putra tunggal Henry VIII dan menggantikan takhta pada tahun 1547 saat usianya baru 10 tahun, setelah kematian ayahnya tersebut.

Baca Juga: Kisah Misteri Kematian Amy Robsart, Adakah Hubungannya dengan ‘Permainan Cinta’ Ratu Elizabeth I yang Dikatakan ‘Tetap Perawan’ Itu?

Pada usia 15 tahun, Edward VI jatuh sakit, dan disimpulkan bahwa dia mengidap penyakit terminal.

Kemudian, Edward VI dan Dewannya menyusun "Rencana untuk Suksesi" untuk mencari cara agar dapat memanipulasi politik takhta sehingga takhta bisa jatuh ke tangan seorang raja Protestan.

Lady Jane Grey adalah putri tertua Henry Grey, Duke of Suffolk pertama, dengan istrinya, Lady Frances Brandon.

 

Lady Frances Brandon merupakan anak pertama dari saudara perempuan Raja Henry VIII, Mary.

Baca Juga: Benarkah Ratu Victoria Miliki Cucu Tidak Sah, Hasil dari ‘Bermain Api’ Putrinya dengan Guru dalam Istana Kerajaan Inggris Sebelum Menikah?