Find Us On Social Media :

Dieksekusi Bersama Istrinya, Beginilah Akhir Tragis Diktator Komunis Romania, Ditumbangkan di Hari Natal dan Disiarkan Langsung ke Seluruh Dunia

By Tatik Ariyani, Jumat, 13 Agustus 2021 | 07:15 WIB

Diktator yang dieksekusi bersama istrinya di depan umum

Intisari-Online.comRomania sempat menjadi bagian dari Uni Soviet sehingga wajar negara ini juga memiliki pemahaman komunis dan sosialis.

Paham komunis dan sosialis cukup lama bertahan di Romania, hingga akhirnya rakyatnya berdiri melawan dalam sebuah gerakan revolusi.

Tahun 16 Desember 1989, di Timisoara, bagian barat Romania, berlangsung demonstrasi besar-besaran yang menentang pemerintahan Nicolae Ceausescu, petinggi negara yang saat itu menjabat.

Rakyat turun ke jalan dan menyuarakan protesnya akan pemerintahan yang dinilai tidak adil dan tidak transparan.

Baca Juga: Kisah Tragis Mark Kilroy, Pemuda Tampan yang Hilang Saat Liburan, Ketika Ditemukan Kondisinya Mengerikan, Dijadikan Tumbal Pemuja Setan

Pemerintahan komunis dan sosialis yang ada di Romania juga tidak sama dengan yang ada di negara-negara tetangganya—tidak ada nilai Glasnost serta Perestroika, yang dicetuskan oleh Mikhail Gorbachev pada tahun 1986.

Ditambah dengan keadaan ekonomi negara yang tidak stabil di mana hutang negara menggunung.

Rakyat semakin melarat sementara petinggi negara semakin makmur, membuat rakyat muak dan menuntut.

 

Demonstrasi besar-besaran yang berlangsung selama berhari-hari itu menjadi sebuah kerusuhan dan banyak korban berjatuhan dalam demonstrasi tersebut.

Baca Juga: Kisah Tragis Elisabeth Fritzl, Gadis Cantik yang 24 Tahun Disekap Ayahnya Sendiri dan Dirudapaksa hingga Lahirkan 7 Anak