Find Us On Social Media :

Ditemukan Dekat Dengan Tempat Terdalam di Bumi, Virus Raksasa Ini Gemparkan Ilmuwan Selama Ini Ada di Kedalaman 11.000 Meter, Ini Perbandingannya Dengan Virus Corona

By Afif Khoirul M, Selasa, 27 Juli 2021 | 15:31 WIB

Ilustrasi mimivirus yang ditemukan di bagian terdalam Samudera Pasifik.

Intisari-online.com - Ilmuwan belakangan menemukan beberapa virus raksasa di kedalaman 11.000 meter di atas permukaan laut.

Melansir South China Morning Post (SCMP) Senin (26/7/21), banyak mitos tentang makhluk raksasa yang hidup di kedalaman lautan.

Secara bertahap mulai terbantahkan, karena tantangan untuk hidup di kedalaman lautan sangatlah besar.

Namun, tim peneliti di Shanghai menemukan banyak virus dari keluarga mimivirus (virus peniru), dalam sedimen yang diambil 11.000 meter di Challenger Abyss.

Baca Juga: Diperkirakan Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Bisa Capai 2.000 per Hari, Begini Prediksi Epidemolog Griffith University

Tempat terdalam di Samudera Pasifik di selatan ujung Palung Mariana.

Upaya sebelumnya untuk mengambil sampel virus dari Challenger Abyss gagal karena kesulitan teknis.

Namun, lima tahun lalu, sebuah kapal China menemukan sampel dengan bahan yang cukup untuk tim di Shanghai untuk mengurutkan genom dari 15 virus berbeda dan lebih dari 100 mikroorganisme lainnya.

Meskipun tidak dapat menghidupkan kembali jenis virus apa pun, para peneliti mampu menumbuhkan lebih dari 2.000 jenis mikroorganisme di lingkungan laboratorium bertekanan tinggi.

Baca Juga: Pesta Pora Bak Covid-19 Sudah Sirna, Ini Potret Warga Inggris yang Kalap Berkumpul Seolah Negaranya Sudah Anti Virus Corona