Find Us On Social Media :

Viral Isu Pencurian Organ Tubuh Jenazah Covid-19, Siapa Sangka di Negara Ini Masih Ada Sekte yang Doyan Menyantap Organ Tubuh, Kuburan pun Jadi Sasaran Empuk Mereka

By Khaerunisa, Senin, 26 Juli 2021 | 18:45 WIB

ilustrasi ritual sekte .

Intisari-Online.com - Isu yang mengatakan bahwa jenazah pasien Covid-19 diambil organnya oleh rumah sakit membuat geger masyarakat.

Melansir Kompas.com (24/7/2021), keluarga pasien Covid-19 di RSUD Gunawan Mangunkusumo Ambarawa Kabupaten Semarang yang termakan hoaks ini terlibat keributan dengan perawat.

Bahkan, hingga menyebabkan dua tenaga kesehatan terluka, namun akhirnya berujung damai.

Atas peristiwa tersebut, Kapolsek Ambarawa AKP Komang Karisma mengatakan pihak rumah sakit menyatakan telah memaafkan keluarga pasien dan tidak memperpanjang permasalahan.

Baca Juga: Geger Isu Jenazah Covid-19 Diambil Organ Tubuhnya oleh Rumah Sakit, Ternyata Kasus Hoax Lawas, Begini Cerita Selengkapnya

Menurut Komang, adik dari pasien yang meninggal, NAS mendapat informasi hoaks.

"Yakni pasien Covid-19 yang meninggal akan diambil organ tubuhnya seperti matanya, sehingga ingin tahu kondisi jenazah kakaknya," paparnya.

Padahal, jenazah pasien Covid-19 pemulasaran harus menggunakan protokol kesehatan.

Peristiwa viral serupa juga terjadi di beberapa daerah lainnya seperti Jember dan Bondowoso, di mana keluarga pasien Covid-19 yang meninggal termakan hoaks.