Find Us On Social Media :

Ada Sosok Mahasiswa Indonesia di Balik Terciptanya Vaksin AstraZeneca, Ini Perannya dalam Pembuatan Vaksin Virus Corona dari Inggris Tersebut

By Khaerunisa, Senin, 19 Juli 2021 | 15:10 WIB

Indra Rudiansyah, warga negara Indonesia yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris.

Intisari-Online.com - Vaksin virus corona saat ini sangat diandalkan untuk mengatasi pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

AstraZeneca merupakan salah satu vaksin yang digunakan di negara-negara di dunia dalam program vaksinasi nasional, termasuk oleh Indonesia.

Vaksin ini merupakan vaksin asal Inggris yang dikembangkan oleh para ahli yang tergabung bersama tim Jenner Institute.

Tim tersebut dipimpin Profesor Sarah Gilbert, ilmuwan Inggris yang baru-baru ini mendapat standing ovation saat hadir di laga pembuka kejuaraan tenis akbar Wimbledon 2021.

Baca Juga: Harganya Murah Meriah Meski Diklaim Paling Ampuh, Rupanya Ini Alasan Tak Terduga Sang Penemu Vaksin AstraZeneca, Langsung Dapat 'Standing Ovation' di Wimbledon

Rupanya, ada sosok mahasiswa Indonesia dalam tim pimpinan Profesor Sarah Gilbert tersebut.

Dia adalah Indra Rudiansyah (29), seorang pemuda yang saat ini menjadi mahasiswa S3 Clinical Medicine di Universitas Oxford.

Sejak 20 Januari 2020, tim Jenner Institute dan Oxford Vaccine Group bekerja sama menguji coba vaksin virus corona di Pusat Vaksin Oxford.

Bagaimana Indra bergabung dengan tim tersebut dan apa peran yang diembannya dalam proses pemmbuatan vaksin AstraZeneca?