Find Us On Social Media :

Keberadaannya Sulit Dipastikan, Inilah Egianus Kogoya, Sosok di Balik Berbagai Serangan KKB Papua di Nduga, Terakhir Kelompoknya Tembak 2 Prajurit TNI

By Khaerunisa, Kamis, 15 Juli 2021 | 09:05 WIB

Ilustrasi KKB Papua

Intisari-Online.com - Namanya sering disebut-sebut dalam berbagai konflik bersenjata KKB Papua dan aparat di Nduga.

Terbaru, pada Selasa (13/7/2021), kontak senjata kembali terjadi antara anggota TNI dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga merupakan pimpinan Egianus Kogoya.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengatakan, kontak senjata di Distrik Mapanduma terjadi sekitar 60 menit.

Dalam kontak senjata di Nduga Papua tersebut, dua prajurit terluka, yakni Lettu Inf Sukma Panunjang dan Praka Abdul Hamid.

Baca Juga: Baru Sebentar Damai, KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya Guncang Tanah Nduga Lagi, Begini Nasibnya Para Prajurit TNI

Lettu Sukma terkena rekoset peluru di bagian kepala dan Praka Abdul Hamid tertembak di pinggul sebelah kiri.

Kini, setelah menjadi korban kebrutalan KKB Papua, keduanya dalam keadaan sadar.

"Untuk korban yang terkena tembakan di kepala, hanya rekoset (pantulan) proyektil karena hanya terserempet proyektil di dahi sebelah kanan. Tidak membahayakan jiwanya," kata Mayjen Ignatius melalui pesan singkat, Selasa, dikutip Kompas.com.

Sebelumnya, kontak senjata juga terjadi di Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (6/7/2021), dengan tiga angggota TNI mengalami luka tembak.