Find Us On Social Media :

Pria Lebih Berisiko Terinfeksi Covid-19 dengan Gejala Parah, Ilmuwan Ungkap Penyebabnya

By Khaerunisa, Jumat, 9 Juli 2021 | 08:00 WIB

(ilustrasi) Pria lebih berisiko terinfeksi Covid-19 dengan gejala parah.

Intisari-Online.com - Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang Covid-19 yang telah menginfeksi ratusan juta orang di dunia.

Seperti yang telah banyak dibicarakan sejak pandemi ini terjadi, ada kelompok-kelompok tertentu yang dianggap lebih berisiko terhadap infeksi Covid-19 dibanding kelompok lainnya.

Diketahui, pria merupakan kelompok yang lebih mungkin menderita kasus Covid-19 gejala parah dan lebih berisiko mengalami kematian.

Terkait hal tersebut hasil sebuah penelitian baru baru-baru ini diterbitkan di jurnal Science Signaling.

Baca Juga: Diwaspadai Lebih Kebal Vaksin dari Beberapa Varian Covid-19 Lain, Inilah Varian Lambda yang Bertanggung Jawab Atas 82 Persen Kasus Baru di Peru

Penelitian tersebut mengungkap bahwa pasien Covid-19 pria lebih mungkin mengalami peningkatan kadar asam kynurenic, produk metabolisme asam amino – dibandingkan dengan pasien Covid-19 wanita.

Hal itulah yang mempengaruhi bagaimana pria lebih berisiko atas gejala Covid-19 yang lebih parah.

Kadar asam kynurenic yang tinggi ini juga biasanya dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti skizofrenia dan penyakit terkait HIV.

Pasien pria dengan kasus Covid-19 yang parah juga lebih mungkin memiliki rasio asam kynurenic yang tinggi terhadap kynurenine - produk sampingan dari asam amino L-triptofan yang digunakan untuk membuat nutrisi niasin.