Find Us On Social Media :

Pantas Saja Banyak yang Menyebut Vaksin Pfizer Jauh Lebih Baik Dari Sinovac, Lihat Perbedaan Dari Harganya Saja Sudah Selisihnya Jauh, Ini Perbandingan Keduanya

By Afif Khoirul M, Minggu, 4 Juli 2021 | 10:55 WIB

Meski mengungkapkan kekhawatirannya, Singapura tetap izinkan penggunaan vaksin Sinovac.

Intisari-online.com - Seperti yang kita tahu saat ini, vaksin Sinovac asal China merupakan vaksin utama yang digunakan Indonesia saat ini.

Vaksin Sinovac merupakn vaksin Covid-19 yang didatangkan dari negeri tirai bambu.

Lalu dalam keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860, tahun 2020, ada enam vaksin yang akan digunakan Indonesia.

"Menetapkan jenis caksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang diproduksi PT Bio Farma (Persero), AstraZaneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer inc and BioNTech, dan Sinovac Ltd, sebagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia," tulis keputusan itu.

Baca Juga: Pantas di Indonesia Kasus Covid-19 Melonjak, Data Ini Ungkap Negara-Negara yang Gunakan Vaksin Buatan China Justru Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Terkuak Inilah Fakta Soal Vaksin Buatan China

Dua diantaranya adalah Sinovac dan Pfizer, meski saat ini hanya Sinovac lah yang baru digunakan di Indonesia, sementara sisanya AstraZaneca.

Hingga saat ini banyak yang menyebut vaksin Pizer memiliki kemanjuran paling baik di antara semua vaksin yang beredar di dunia.

Sementara itu, vaksin Sinovac yang dugunakan di Indonesia, justru diragukan kemanjurannya, karena hingga kini situasi di Indonesia belum mulai membaik.

Oleh sebab itu, mari kita ulas perbedaan paling penting di antara kedua vaksin tersebut.

Baca Juga: Ketika Indonesia Tetap Ngotot Menggunakannya, Negara Tetangga Kita Justru Percaya Vaksin Sinovac Telah Gagal, Begini Nasib Warganya yang Terlanjur Terima Vaksin Asal China Itu