Find Us On Social Media :

AS Jadi Negara Pemasok Bantuan Militer Terbesar ke Israel, Tapi Jangan Salah 'Negeri Paman Sam' Ini Juga Terus Suntik Dana ke Palestina

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 28 Juni 2021 | 18:48 WIB

Militer Israel

Intisari-Online.com - AS sejauh ini menjadi negara pemasok bantuan militer terbesar ke Israel.

Dilansir dari Al Jazeera, mereka memberikan Israel total Rp 55 triliun pada 2020 sebagai bagian dari kesepakatan selama periode 10 tahun yang ditandatangani Barack Obama pada 2016.

Sebelumnya, Israel juga menerima bantuan ekonomi AS yang substansial bersama dengan pasokan militer.

Ketika Israel semakin kaya, bantuan ekonomi, yang dimulai pada tahun 1951, telah dihapus dan hampir dihilangkan pada tahun 2007.

Baca Juga: Israel Jadi Negara Terbesar ke-12 Pemasok Senjata pada 2020, Seberapa Banyak Uang yang Digelontorkan Negara Yahudi Ini untuk Militernya?

AS memberlakukan persyaratan tentang pemberian bantuan, khususnya bantuan militer.

Misalnya, Hukum Leahy melarang ekspor barang-barang pertahanan AS ke unit-unit militer yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia.

Namun, tidak ada unit Israel yang dihukum berdasarkan undang-undang ini.

Demikian pula, bantuan ekonomi AS untuk lembaga-lembaga Israel seperti universitas secara historis diperlukan untuk digunakan di perbatasan Israel pra-1967.

Baca Juga: Wilayahnya Hancur Lebur Akibat Serangan Israel, Rekonstruksi Gaza Dikhawatirkan Terhambat Karena Hamas dan Otoritas Palestina yang Tak Akur, Takut Dana Bantuan Gaza Disalahgunakan PA