Find Us On Social Media :

6 Bulan Sudah Satgas Nemangkawi Tumpas KKB Papua, Apa Hasilnya?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 27 Juni 2021 | 20:07 WIB

Lekagak Telenggen, pentolan KKB Papua, tantang perang TNI-Polri

Intisari-Online.com - Papua bersama dengan KKB telah mengalami gejolak terus-menerus selama lebih dari 50 tahun, terutama setelah dimasukkan ke Indonesia pada tahun 1969.

Masa operasi Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi di Papua bahkan diperpanjang selama enam bulan.

Namun mereka kini telah menjalani operasi memburu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua pada tahap pertama periode Januari-Juni 2021.

Keberhasilan dan pencapaian tugas yang dilakukan yaitu dalam upaya penindakan tegas dan terukur terdapat 8 orang anggota KKB yang meninggal dunia serta 11 orang luka-luka.

Baca Juga: Lambat Laun Kekuatan KKB Papua Semakin Berkurang, TNI Terima Penyerahan Senjata Api Lagi Bersama Anggota yang Tobat Kembali ke NKRI

Tidak hanya itu, barang bukti yang berhasil diamankan berupa senjata api, amunisi kaliber 5,56 mm, radio handy talky (HT), handphone, anak panah dan lain sebagainya.

Kemudian Satgas Operasi Nemangkawi juga berhasil melakukan penangkapan terhadap 11 orang yang tergabung dalam jaringan pemasok senjata dan amunisi kepada KKB.

4 orang di antaranya masuk dalam daftar pencarian orang DPO.

Selain KKB, Satgas Operasi Nemangkawi juga berhasil menangkap 8 orang kelompok kriminal politik yang menyebarkan propaganda serta ujaran kebencian melalui media sosial.

Baca Juga: Tak Heran Banyak Anggota KKB Papua Tobat dan Pilih Kembali ke NKRI, Rupanya Mereka Sebenarnya Alami Penderitaan Ini Saat Bergabung Kelompok Kriminal Itu