Find Us On Social Media :

Isi Perjanjian Linggarjati Disepakati Demi Selesaikan Konflik dengan Belanda, Justru Tuai Pro dan Kontra Rakyat Indonesia, Kenapa?

By Khaerunisa, Minggu, 27 Juni 2021 | 15:50 WIB

(ilustrasi) isi Perjanjian Linggarjati.

Intisari-Online.com - Isi Perjanjian Linggarjati disepakati perwakilan Indonesia sebagai salah satu upaya menyelesaikan konflik kedaulatan dengan Belanda.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Belanda justru ingin kembali berkuasa di Indonesia.

Bekas penjajah Indonesia tersebut tidak mengakui kemerdekaan Indonesia dan menganggap Indonesia masih dalam masa kekosongan kekuasaan usai Jepang kalah dalam Perang Dunia II.

Belanda datang lagi ke Indonesia dengan memboncengi utusan sekutu yang ditugaskan untuk melucuti dan memulangkan Tentara Jepang di Indonesia.

Baca Juga: Dimediatori Inggris, Ini Isi Perjanjian Linggarjati, Hanya Bertahan 4 Bulan Lalu Dilanggar Belanda

Perlawanan pun dilakukan rakyat daerah, sementara upaya diplomasi untuk menyelesaikan konflik kedaulatan ini juga dilakukan.

Salah satunya melalui Perundingan Linggarjati, di mana Indonesia diwakili oleh Sutan Sjahrir, Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Indonesia saat itu.

Kemudian Belanda diwakili Wim Schermerhorn dengan anggota HJ van Mook.

Dalam perundingan yang diselenggarakan di Climus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat itu Lord Killearn dari Inggris yang bertindak sebagai mediator.