Find Us On Social Media :

Belum Hilang Tuduhan Jadi Tempat Asal Covid-19, Laboratorium Wuhan Ini Justru Menjadi Kandidat Penerima Penghargaan Sains dan Teknologi

By Tatik Ariyani, Senin, 21 Juni 2021 | 18:39 WIB

Laboratorium Wuhan China

Intisari-Online.com - Teori mengenai virus corona yang bisa saja bocor dari laboratorium Institut Virologi Wuhan (WIV) di China kembali muncul.

Pada tahap awal pandemi, otoritas China mengaitkan kasus pertama virus dengan pasar di Wuhan.

China berteori bahwa wabah itu disebabkan oleh virus yang berpindah dari hewan ke manusia.

Tetapi sekarang, para pejabat AS telah mengatakan bahwa mungkin ada bukti bahwa virus itu secara tidak sengaja bocor dari laboratorium China.

Baca Juga: Saat Seluruh Dunia Ketar-Ketir dengan Penyebaran Virus Corona Varian Delta, Joe Biden Malah Anggap AS Bakal Tetap Aman, Rupanya Ini Alasannya

China telah membantah keras klaim tersebut dengan membela laboratorium, dan menuduh media Barat menyebarkan desas-desus dan terlibat dalam kampanye kotor.

Bulan lalu, Presiden Joe Biden mengarahkan para pejabat intelijen untuk meningkatkan upaya menyelidiki asal usul virus corona, termasuk teori laboratorium Wuhan.

Dia mengungkapkan bahwa komunitas intelijen Amerika tidak yakin apakah virus itu muncul dari hewan atau kebocoran laboratorium yang tidak disengaja.

Media AS membantah ketika mantan Presiden Donald Trump dan Menteri Luar Negerinya Mike Pompeo pertama kali mempromosikan teori kebocoran laboratorium tahun lalu.

Baca Juga: Saat Virus Corona Varian Delta Menjadi Ancaman Baru Dunia, Hampir Semua Negara Asia Tenggara Termasuk Indonesia Babak Belur, Timor Leste Justru Disebut Lebih Aman, Ini Alasannya