Find Us On Social Media :

Tetap Fit saat WFH Maupun WFO, Begini Tips Jitunya!

By Yussy Maulia, Kamis, 17 Juni 2021 | 14:35 WIB

Ilustrasi beraktivitas di luar.

Intisari-Online.com – Sejak pandemi Covid-19, masyarakat dihadapkan dengan tren bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona di lingkup kantor.

Sistem WFH memang menawarkan fleksibilitas dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Anda dapat leluasa mengatur waktu dan tempat bekerja sekaligus mengerjakan tugas-tugas rumah.

Namun, keleluasaan itu menjadi tantangan tersendiri. Tidak sedikit orang merasa kewalahan dan mengalami masalah kesehatan, seperti nyeri punggung, kaku di bagian leher, dan pola tidur yang berantakan. Belum lagi, masalah manajemen waktu karena harus beririsan dengan aktivitas domestik di rumah.

Masalah serupa juga dapat dialami oleh mereka yang bekerja dari kantor atau work from office (WFO). Selain tidak punya keleluasaan waktu dan tempat, mereka yang menjalankan WFO harus berhadapan dengan cuaca yang tak menentu dan hiruk-pikuk jalanan saat menuju kantor.

Baca Juga: Masih WFH? Jangan Sepelekan Pegel dan Nyeri Otot yang Sering Dirasakan Kala Kerja dari Rumah, Atasi Sebelum Makin Memburuk dengan Ini

Intinya, baik WFH atau WFO memiliki tantangan masing-masing. Sekarang, tinggal bagaimana Anda bisa mengatasinya dengan meningkatkan imunitas tubuh agar tetap fit untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tubuh yang sehat dapat membantu Anda menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan produktif, termasuk menyelesaikan pekerjaan. Berikut tipsnya.

Tubuh perlu istirahat

Saat berhadapan dengan load kerja yang cukup banyak, beberapa orang memilih untuk terus menyelesaikan pekerjaan meski tubuh sudah terasa lelah. Padahal, hal tersebut dapat berdampak bagi kesehatan.

Melansir laman National Health Services (NHS) Inggris, Selasa (30/5/2020), seseorang yang kelelahan dan kurang tidur akan lebih mudah marah, lemas, serta rentan terhadap penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Jahe Kunyit dan Sereh Meningkatkan Kualitas Tidur

Oleh karenanya, memenuhi kebutuhan istirahat menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap stabil. Pastikan Anda mendapatkan durasi tidur yang cukup di malam hari, yakni 6-8 jam.

Jika Anda merasakan tubuh kelelahan saat bekerja, luangkan waktu 5-10 menit untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari stres dan kelelahan.