Find Us On Social Media :

Bak Tak Ada Matinya, Lekagak Telenggen Pimpinan KKB Tantang Perang Kapolda Papua, 'Kalau Dia Turun, Saya dengan Pangdam Jemput'

By Maymunah Nasution, Rabu, 2 Juni 2021 | 19:35 WIB

Pemimpin KKB Papua Lekagak Telenggen

Intisari-online.com - Pemimpin KKB Papua Lekagak Telenggen menyatakan sudah menyiapkan lokasi perang dengan TNI-Polri.

Ia bermarkas di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua.

Kelompok Lekagak Telenggen menunjuk pada wilayah Muara Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, sebagai lokasi perang dengan TNI-Polri.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menanggapinya dengan menyatakan TNI dan Polri lebih mengedepankan cara persuasif menangani KKB.

Baca Juga: Masih Ada 9 Kelompok Aktif Teroris KKB Papua , Polri Ajak Diskusi 4 Kepala Daerah Papua

Sesuai dengan arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Jayapura.

Keduanya sudah melaksanakan pertemuan tertutup dengan tokoh adat dan masyarakat dan sejumlah kepala daerah di wilayah pegunungan tengah Papua, Kamis 27/5/2021.

"Kita kan masih mau berkomunikasi dengan dia, kalau dia turun, saya dengan Bapak Pangdam akan jemput dan perlakukan dia sebagaimana warga negara lainnya," ujar Fakhiri di Jayapura, Kamis.

Upaya persuasif menurutnya akan dicoba dirintis dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: Pantas Petentang-Petenteng Berani Tantang TNI, Rupanya KKB Papua Punya 5 Senjata Ini, Salah Satunya Senjata yang Dipakai Tentara Amerika Ini