Find Us On Social Media :

Memaknai Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka, Mampu Menjawab Tantangan Perkembangan Zaman

By Tatik Ariyani, Senin, 24 Mei 2021 | 20:05 WIB

Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Intisari-Online.comPancasila sebagai ideologi terbuka yakni mampu menyesuaikan diri dalam perkembangan zaman.

Karena, ideologi terbuka sendiri adalah ideologi yang mampu mengikuti perkembangan zaman dan bersifat dinamis.

Pada hakikatnya Pancasila telah di bentuk melalui proses yang cukup panjang oleh para pendiri bangsa, seperti dilansir Kompas.com dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Pancasila sebagai ideologi dinamis yang mencerminkan keterbukaan pemikiran yang mampu menerima segala iklim perubahan yang terjadi dan mampu melaksanakan nilai-nilai Pancasila yang luhur secara mendasar.

Baca Juga: Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara pada Masa Awal Kemerdekaan

Dalam buku Pendidikan Kewarnegaraan (2008) karya Aim Abdulkarim, fungsi Pancasila untuk memberikan orientasi ke depan telah menuntut bangsa Indonesia untuk menyadari situasi yang sedang dihadapinya.

Untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka Pancasila perlu tampil sebagai ideologi terbuka.

Keterbukaan bukan berati mengubah nilai-nilai dasar Pancasila, tapi mengeksplisitkan wawasan secara lebih konkrit, sehingga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah baru.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kemudayaan (Kemendikbud), Pancasila sebagai ideologi terbuka sudah ada sejak pemerintahan Presiden Suharto.

Baca Juga: Makna Pancasila Sebagai Pembina Persatuan dan Kesatuan, Memadukan Keanekaragaman