Find Us On Social Media :

Jauh Sebelum Insiden KRI Nanggala-402, Rupanya Meteri Pertahanan Sudah Disodori Dua Kapal Canggih dari Eropa Ini, Akankah Kapal Selam Ini Akan Diboyong Indonesia?

By Afif Khoirul M, Selasa, 27 April 2021 | 11:22 WIB

Foto Ilustrasi - Kapal selam Akula milik Rusia.

Intisari-online.com - Indonesia kehilangan salah satu Alutsistanya pada Rabu (21/4/21).

Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak pada tanggal tersebut, dan setelah dilakukan pencarian, kapal itu dinyatakan tenggelam di laut Bali.

Atas insiden tersebut, Indonesia kini kehilangan salah satu kapal selam terbaiknya.

Oleh karena itu, Kini Indonesia hanya memiliki 4 kapal selam utama, di antaranya adalah kapal selam Cakra-401, kapal selam Nagapasa-403, kapal selam Ardedeli-404, dan kapal selam Alugoro-405.

Baca Juga: Sampai Berani Sebut 'Enggak Ada yang Benar-benar Bagus', Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian Keluhkan Kapal Selam Buatan PT PAL yang Dinilainya Hanya Bisa Lakukan Ini

Pada Maret 2021 lalu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sempat menyinggung soal beberapa Alutsista yang ingin diboyongnya.

Untuk memodernisasi Alutsista Indonesia, Prabowo melakukan safari ke berbagai negara.

Dari perjalanan tersebut, setidaknya ada dua kapal selam yang sudah disodorkan ke Indonesia, meski belum ada kesepakatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, dua kapal selam tersebut, adalah buatan Prancis dan satunya adalah buatan Jerman.

Baca Juga: Jauh Sebelum Tenggelam di Perairan Bali, Komandan KRI Nanggala-402 Sempat Singgung Banyak Hal, Jadi PR Besar Pemerintah dan TNI, Hingga Menham Prabowo Janjikan Hal Ini