Find Us On Social Media :

Namanya Tak Setenar Kopasus, Tapi Memiliki Tugas dengan Risiko Tinggi Seperti Kru KRI Nanggala-402, Ternyata Segini Gaji Menjadi Anggota Korps Hiu Kencana

By Afif Khoirul M, Senin, 26 April 2021 | 11:14 WIB

Pasukan khusus Korps Hiu Kencana yang bertugas di satuan kapal selam TNI AL salah satunya di KRI Nanggala-402

Intisari-online.com - Tenggelamnya KRI Nanggala-402 telah menimbulkan luka yang mendalam bagi militer Indonesia.

Pasalnya dalam tragedi itu ada 53 prajurit yang dinyatakan gugur, mereka semua adalah anggota Korps Hiu Kencana.

Pasukan khusus yang bertugas menjaga kedaulatan maritim, dan memikul tugas dengan risiko tinggi seperti yang ditunjukkan oleh kru KRI Nanggala-402.

Mengemban tugas yang memiliki risiko besar, prajurit Satuan Kapal Selam (Satsel) tak jarang berhadapan dengan kematian kapan saja, demi menjaga NKRI.

Baca Juga: Kapal Nuklir Negara Lain Mulai Tinggalkan Laut China Selatan, Mendadak Militer China Kirim Kapal Paling Canggihnya ke Lokasi Sengketa Ini, Ditugaskan Langsung oleh Xi Jinping!

Meski namanya memang tak setenar Kopassus atau Marinir, ternyata petinggi setingkat menteri dan kepala staf angkatan TNI dan Polri, selalu bersedia menjadi warga kehormatan, dengan menerima Brevet Hiu Kencana.

Misalnya, dalam perebutan Irian Barat, Indonesia membeli 12 kapal selam dari Rusia yang dikirimkan bertahap.

Pada 7 September 1959, kapal selam Rusia tiba di dermaga Surabaya, dan menjadi jajaran senjata ALRI, dengan nama RI Tjakra/S-01 dan RI Nanggala/S02.

Sementara 12 September menjadi hari ulang tahun Hiu Kencana.

Baca Juga: Dilaporkan Terbelah Menjadi Tiga Bagian, Inilah Gambar Rekaman KRI Nanggala-402 yang Berhasil Ditemukan Tim Penyelamat di Kedalaman 850 Meter