Find Us On Social Media :

Diklaim Seperti yang Dialami KRI Nanggala-402, Video Ini Menunjukkan Apa yang Terjadi Ketika Kapal Selam Tenggelam Setelah Alami Keretakan

By Tatik Ariyani, Minggu, 25 April 2021 | 13:59 WIB

Kapal selam ARA San Juan - Kapal selam KRI Nanggala-402

Intisari-Online.com - Pada Sabtu (24/4/2021), KRI Nanggala-402 yang membawa 53 awak dinyatakan memasuki fase subsunk (tenggelam) setelah hilang kontak pada Rabu (21/4/2021).

Selain itu, KRI Nanggala-402 juga disinyalir mengalami keretakan.

Hal tersebut terungkap usai tim menemukan sejumlah benda otentik di perairan utara Bali, yang menjadi lokasi pencarian KRI Nanggala-42.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam konferensi pers, Sabtu (24/5/2021) mengatakan, "Dengan ditemukannya peralatan yang sudah keluar ini, terjadi keretakan. Memang terjadi tekanan kedalaman yang dalamnya sampai 700-800 meter, ini tentunya terjadi keretakan terhadap kapal selam tersebut."

Baca Juga: Sungguh Tak Punya Hati, Pria Ini Joget-joget Sambil Sebut 'Senang Banget' saat Dengar KRI Nanggala-402 Tenggelam, Permintaan Maaf Tak Kalah Bikin Geram Warganet

Terkait dengan keretakan yang dialami KRI Nanggala-402, ada kemungkinan mengakibatkan air masuk ke badan kapal.

Namun, kata Yudo, kemungkinan ada juga bagian-bagian kapal yang tak kemasukan air.

Hal ini terjadi karena badan kapal mempunyai sejumlah sekat dan juga terdapat ruangan-ruangan yang dibagi seperti kompartemen.

Jika ada keretakan dan awak sigap menutup pintu kedap air itu, air tidak akan masuk.

Baca Juga: Tiba-tiba Muncul di Selat Sunda Sehari Sebelum KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, Kapal Selam Sekutu Ini Ramai Dibahas di Twitter, Benarkah Terkait Tenggelamnya KRI Nanggala?