Find Us On Social Media :

KRI Nanggala 402 Hilang Kontak, Rupanya Kapal Selam Indonesia Pernah Lakukan Misi Rahasia Menyusup Markas Belanda Tanpa Ketahuan, Kisahnya Bikin Merinding

By Afif Khoirul M, Kamis, 22 April 2021 | 15:04 WIB

Kapal selam KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak saat melakukan latihan penembakan rudal di sisi utara Pulau Bali, Rabu (21/4/2021), pagi.

Intisari-online.com - Kapal Selam milik Indonesia KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak pada Rabu (21/4/21) di laut Bali.

Kapal ini merupakan salah satu alutsista milik militer Indonesia, yang dimiliki tahun 1981.

Sementara itu, kapal selam Indonesia telah banyak melakukan misi-misi penting untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Termasuk perang melawan Belanda pada saat mempertahankan Indonesia, dan merebut pulau Papua.

Baca Juga: Mahathir Sudah Berkoar-koar tentang Jebakan Utang China, Nyatanya Kini Malaysia Kian Makin Mesra dengan China, Pejabat yang Berperan dalam Bencana MH370 Ini Dalangnya

Menurut National Interest, salah satu pertempuran epik yang dilakukan oleh kapal selam Indonesia adalah saat menjalankan misi di Papua.

Pada mulanya kapal selam berbobot 1.470 ton dikirim ke Indonesia pertama antara tahun 1959-1962, bersama torpedo akustik anti-kapal SAET-50, yang sangat canggih saat itu.

Awak pertama Indonesia, melakukan pelatihan sembilan bulan di Gdansk, Polandia dari instruktur Rusia dengan Bahasa Inggris, di Baltik.

Tujuannya adalah satu melakukan misi merebut kembali Papua dari Belanda menggunakan kapal selam Indonesia.

Baca Juga: 'Maaf Saya Ngomong Apa Adanya', Pakar Kapal Selam dari ITS Bongkar Dua Hal yang Bisa Jadi Pemicu KRI Nanggala-402 Hilang Kontak dalam Sekejap