Find Us On Social Media :

Kini Masuk Militer Paling Kaya di Dunia, Australia Justru Hadapi Tingginya Kasus Bunuh Diri dalam Militernya

By Khaerunisa, Selasa, 20 April 2021 | 21:10 WIB

Tentara Australia. (ilustrasi) Kini Masuk Militer Paling Kaya di Dunia, Australia Justru Hadapi Tingginya Kasus Bunuh Diri dalam Militernya

Intisari-Online.com - Kini, dengan mengalokasikan anggaran pertahanan sebesar 42,7 miliar dolar AS, Australia menduduki peringkat ke-10 militer paling kaya di dunia.

Tahun lalu, dalam daftar 10 militer paling kaya di dunia tidak ada nama Australia.

Dengan masuknya Australia dalam 10 militer paling kaya di dunia, ia menyingkirkan Rusia yang sebelumnya di peringkat ke-8.

Menurut Global Firepower 2021, Rusia sendiri kini diperkirakan mengalokasikan 42,1 miliar dolar AS, berada di peringkat ke-11 terkaya.

Baca Juga: Didominasi Pemilik Militer Paling Kuat di Dunia, Inilah Negara-negara dengan Persediaan Senjata Nuklir Terbesar

Anggaran pertahanan merupakan salah satu hal penting bagi militer suatu negara. Pasalnya, dengan anggaran yang memadai, maka lebih leluasa melakukan peningkatan jumlah maupun kualitas persenjataan dan tentaranya, atau dukungan lainnya.

Namun, ketika Australia hadir sebagai militer paling kaya tahun ini, negara yang bertetangga dengan Indonesia ini justru tengah menghadapi tuntutan masyarakatnya terkait kasus bunuh diri di antara tentara dan mantan personel militer.

Melansir Aljazeera.com (19/4/2021), Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah mengumumkan Komisi Kerajaan untuk memeriksa kasus bunuh diri di antara para pelayan dan mantan personel militer, tunduk pada tekanan publik ketika jumlah korban meningkat di antara para veteran.

Berbicara kepada wartawan di Canberra pada hari Senin, Morrison mengatakan dia berharap penyelidikan itu akan menjadi "proses penyembuhan" bagi keluarga yang berduka.