Find Us On Social Media :

(PRO SHE) Kepengin Nikmati Kecanggihan Ponsel Flagship Tapi Bujet Terbatas, Berikut Alternatif Ponsel yang Bisa Dipertimbangkan

By Fathia Yasmine, Senin, 5 April 2021 | 10:45 WIB

Ilustrasi penggunaan smartphone dalam keseharian.

Intisari-Online.com – Memiliki smartphone flagship menjadi impian banyak orang. Berada di kelas premium atau unggulan, ponsel dari segmen satu ini kerap dianggap sebagai jawara terutama di bidang performa dan teknologi yang dibenamkan.

Tak jarang beberapa produsen turut memberikan desain yang unik yang membuatnya tampil eksklusif di antara ponsel-ponsel yang ada di pasaran. Hal inilah yang membuat smartphone di lini flagship juga kerap memiliki harga di atas rata-rata.

Jika memiliki bujet terbatas, membeli smartphone flagship tentu bukanlah pilihan yang bijak. Namun, bukan berarti kecanggihan fitur dan performa gahar tidak bisa dinikmati. Sebagai alternatif, saat ini semakin banyak smartphone di kelas menengah yang lebih ramah di kantong tetapi punya kecanggihan dan performa rasa flagship.

Bagi Anda yang masih bingung dengan varian yang tepat, berikut tiga smartphone menengah rasa flagship yang belum lama ini dirilis. Siapa tahu bisa menjadi pertimbangan.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; 15 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Poco  X3

Sebagai bagian dari keluarga Xiaomi, Poco X3 menjadi salah satu produk yang diklaim Xiaomi sebagai smartphone flagship murah yang dirilis pada 2021.

Memiliki desain elegan dengan empat kamera berbentuk bulat, Poco X3 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 732G yang memiliki fabrikasi 8 nm dan dukungan prosesor Octa-core berkecepatan 2.3 GHz dan 1.8 GHz.

Untuk kebutuhan bermain game, Xiaomi membenamkan GPU Adreno 618 dengan RAM 6 GB dan 8 GB. Keduanya dapat menjaga performa ponsel agar tetap kencang saat main game.

Sementara dari segi kamera, Poco X3 ditunjang dengan kamera utama beresolusi 64 MP dengan lensa Sony IMX 682, kamera makro beresolusi 2 MP, kamera ultra wide 13 MP, kamera depth sensor 2 MP, serta kamera depan beresolusi 20 MP. 

 Baca Juga: Layaknya Supersemar dari Soekarno, Soeharto Memberi Mandat Serupa kepada Jenderal Wiranto Lewat Inpres No.16 Tahun 1998 di Ujung Kekuasaannya, Benarkah Militer Bermain dalam Peristiwa 1998?

Meski dibekali dengan empat kamera belakang, Poco X3 lebih cocok digunakan untuk Anda yang senang melakukan kegiatan multitasking ataupun bermain game.

Untuk sektor kamera, melansir dari situs review gadget Kimovil, ponsel pintar ini cukup baik tetapi seolah belum dapat menandingi kemampuan smartphone flagship dalam hal saturasi warna dan detail foto. Beberapa dari reviewer sempat mengeluhkan ketebalan ponsel yang terkesan bulky.

Namun, kekurangan ini seolah tertutupi dengan hadirnya teknologi fast charging 33 watt untuk pengisian daya serta layar berukuran 6,67 inci dengan panel LCD IPS, refresh rate 120 Hz. Adanya NFC reader dan sertifikasi IP53 juga seolah menjadi poin tambahan untuk menutupi kekurangan Poco X3 di sektor kamera. 

Jika tertarik dengan ponsel ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 3.099.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Sementara, untuk varian RAM 8 GB  dan memori internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp 3.499.000.

 Baca Juga: China Makin Tidak Bisa Berbohong, AS Berikan Bukti China Mendukung Kemerdekaan Salah Satu Provinsi di Jepang Agar Menjadi Negara Sendiri, Ribuan Agen Provokator Dikirimkan ke Jepang

Realme X3 Superzoom

Berbeda dengan Poco X3 yang mengandalkan spesifikasi hardware, Realme X3 justru mengandalkan sektor kamera sebagai keunggulan utamanya.