Find Us On Social Media :

Diduga Jadi Andalan Dewa Kipas Kalahkan GothamChess, 'Senjata' Ini Ternyata Pernah Bikin Pecatur Terbaik Sepanjang Masa Senewen Bukan Kepalang

By Ade S, Selasa, 23 Maret 2021 | 19:45 WIB

Gary Kasparov yang dijuluki pecatur terbaik sepanjang sejarah pernah dibuat senewen oleh sebuah komputer bernama Deep Blue. Berikut ini kisahnya.

Intisari-Online.com - Nama Dewa Kipas bak mencapai puncaknya ketika dirinya bertanding langsung dengan WGM Irene Sukandar yang tayang di YouTube Deddy Corbuzier, Senin (22/3/2021).

Pecatur yang memiliki nama asli Dadang Subur ini akhirnya harus mengakui keunggulan Irene setelah kalah telak dalam 3 babak yang dijalankan.

Kekalahan ini juga semakin meyakinkan beberapa pihak bahwa Dewa Kipas telah melakukan kecurangan saat berhasil mengalahkan GothamChess alias Levy Rozman di game catur online Chess.com.

Apalagi, dalam pertandingan dengan Irene, Dewa Kipas melakukan beberapa blunder yang dianggap mustahil dilakukan oleh seorang pecatur profesional.

Baca Juga: Menang Banyak, Inilah Pendapatan Deddy Corbuzier Usai Live Duel Catur GM Irene Vs Dewa Kipas yang Pecah Rekor hingga 1,25 Juta Penonton

GothamChess yang menganalisis pertandingan mantan lawan tandingnya tersebut menemukan bahwa akurasi Dewa Kipas tidak sampai 40%.

Padahal, saat bertanding di Chess.com, akurasi langkah Dewa Kipas berturut-turut di atas 90%, tanpa cela bak seorang dewa catur.

Pada akhirnya kecurigaan bahwa Dewa Kipas melakukan kecurangan dengan menggunakan bantuan teknologi saat dirinya bertanding.

Namun, mungkinkah hal itu terjadi? Faktanya Gary Kasparov yang dijuluki pecatur terbaik sepanjang sejarah pernah dibuat senewen oleh sebuah komputer bernama Deep Blue. Berikut ini kisahnya.

Baca Juga: Diunggul-unggulkan Netizen Indonesia Agar Menang, di Babak Terakhir Dewa Kipas Dadang Subur Kalah Telak dari WGM Irene Sukandar, Sungguh Antiklimaks